FITNESS & HEALTH

Pada Usia Berapa Sebaiknya Melakukan Vaksinasi HPV?

Raka Lestari
Jumat 22 April 2022 / 12:15
Jakarta: Pemerintah sudah memastikan bahwa vaksin yang bertujuan untuk mencegah terjadinya kanker serviks menjadi vaksin yang harus dilakukan oleh masyarakat. Vaksin Human Papilomavirus (HPV) ini bisa dilakukan pada individu yang belum aktif secara seksual. Lalu, pada usia berapa yang paling efektif untuk melakukan vaksin HPV?
 
“Sebenarnya tidak ada usia yang paling manjur untuk melakukan vaksinasi HPV. Usia terbaik untuk melakukan vaksin HPV adalah sebelum wanita aktif secara seksual,” ujar dr. Grace Valentine, Sp.OG, Dokter Kebidanan & Kandungan di RSPI - Puri Indah, dalam acara RSPI Live Webinar.

Menurut dr. Grace, tujuan dari melakukan vaksinasi Kanker Serviks ini adalah untuk mencegah wanita terinfeksi virus HPV yang bisa menyebabkan kanker serviks. Waktu paling baik sebelum wanita aktif secara seksual karena sebagian besar penyebaran kanker serviks dari hubungan seksual.

“Lalu kalau sudah vaksin apakah berarti tidak akan kena kanker serviks? Tentu tidak karena kanver serviks ini memang 90 persen penyebabnya adalah virus HPV yang tergolong high risk. Tapi masih ada 10 persen yang kita tidak tahu penyebabnya,” tambah dr. Grace.

Itulah mengapa menurut dr. Grace penting sekali untuk melakukan pencegahan kanker serviks. Di antaranya adalah dengan melakukan vaksinasi HPV bagi mereka yang belum aktif secara seksual dan rutin melakukan pap smear bagi mereka yang sudah aktif secara seksual.

“Ini bisa mencegah terjadinya kanker serviks lebih dari 95 persen. Jumlah ini sudah cukup tinggi dan sudah cukup bermanfaat sekali untuk para wanita. Dan, HPV ini penyebabnya paling banyak karena aktivitas seksual,” kata dr. Grace.

Penyebaran kanker serviks melalui hubungan seksual, menurut dr. Grace, tidak selalu terjadi pada mereka yang sering berganti-ganti pasangan. Semua orang yang sudah aktif secara seksual bisa kena kanker serviks ini.

“Tergantung dari gaya hidupnya dan juga imunitas tubuhnya itu sendiri. Apakah badannya bisa mengeradikasi HPV. Kalau imunitasnya baik, jika terinfeksi HPV yang tipe berisiko tinggi pun virusnya bisa hilang,” tutup dr. Grace.
(FIR)

MOST SEARCH