FITNESS & HEALTH

Sebelum Berlubang, Cegah Plak Gigi dengan 6 Cara Mudah

Mia Vale
Rabu 14 September 2022 / 10:05
Jakarta: Setiap orang memiliki plak gigi. Lapisan lengket ini terbentuk pada gigi ketika bakteri di mulut bercampur dengan makanan manis atau bertepung. 

Plak dapat menyebabkan gigi berlubang, gingivitis (penyakit gusi) dan kehilangan gigi. Pemeriksaan gigi secara teratur mampu menghilangkan plak dan melindungi gigi.

Perasaan aneh pada gigi adalah tanda utama bahwa terdapat plak. Indikator lainnya termasuk, bau mulut kronis (halitosis), gusi merah, bengkak, lunak dan berdarah setelah disikat (penyakit gusi). Jika  tidak menyikat dan menggunakan benang gigi setiap hari, plak dapat mengeras menjadi karang gigi.
 

Perawatan plak


Kebersihan mulut yang baik, termasuk menyikat gigi dan flossing secara teratur, dapat menghilangkan plak dan mencegah penumpukan karang gigi. Selama pemeriksaan, seperti yang diberitakan oleh Cleveland Clinic, dokter gigi akan mengikis plak dan karang gigi. ?Dokter gigi juga dapat merekomendasikan:

‌?- Sealant gigi untuk mencegah pembentukan plak pada permukaan kunyah atas gigi
- Obat mulut kering untuk meningkatkan produksi air liur
- Perawatan fluoride untuk memperlambat pertumbuhan bakteri penyebab plak dan menghentikan kerusakan gigi
- Pasta gigi resep atau obat kumur antibakteri (klorheksidin)


(Kamu bisa gunakan floss sekali sehari dengan benang gigi untuk menghilangkan makanan dan plak yang menempel di antara gigi. Foto: Ilustrasi/Freepik.com)
 

Yuk, cegah plak gigi


Perawatan gigi dan gusi yang baik adalah kunci untuk mengurangi plak:

1. Floss sekali sehari dengan benang gigi atau flosser air sebelum menyikat gigi untuk menghilangkan makanan dan plak yang menempel di antara gigi

2. Sikat gigi selama dua menit dengan sikat gigi berbulu lembut dan pasta gigi berfluoride. Sikat setidaknya dua kali sehari, dan sebaiknya setelah setiap makan

3. Jika tidak bisa menyikat gigi segera setelah makan atau minum, kunyahlah permen karet bebas gula. Pilih jenis yang memiliki segel American Dental Association (ADA)

4. Kurangi makanan dan minuman manis dan bertepung. Sebaliknya, pilihlah makanan dan camilan bergizi seperti plain yoghurt, keju, sayuran mentah atau buah-buahan

5. Lakukan pemeriksaan gigi setidaknya dua kali setahun

6. Bilas dengan obat kumur antiseptik yang dijual bebas atau resep

Ingat, jika membiarkan lapisan plak menempel di gigi terlalu lama, itu bisa mengeras dan berkembang menjadi karang gigi. Akhirnya, kamu bisa terkena penyakit gusi dan bahkan kehilangan gigi. 

Kamu harus membersihkan gigi setidaknya dua kali setahun. Tanyakan kepada dokter gigi tentang langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengurangi plak dan melindungi kesehatan mulut.

(TIN)

MOST SEARCH