FITNESS & HEALTH

Usai Dosis 2 dan 3, Perlindungan Pfizer Terhadap Omicron Cepat Memudar?

Mia Vale
Senin 16 Mei 2022 / 10:00
Jakarta: Menurut penelitian tinjauan sejawat yang diterbitkan di JAMA Network Open, menemukan bahwa suntikan booster tambahan diperlukan untuk orang yang rentan tertular vatian tertentu.

Hal ini dikarenakan setelah dosis kedua dan ketiga vaksin covid-19 Pfizer dan BioNTech, kekebalan terhadap varian virus korona Omicron memudar dengan cepat.  

Tingkat antibodi yang terkait dengan perlindungan terhadap infeksi dan penyakit, akan turun dalam beberapa minggu setelah mendapatkan suntikan. Dan para peneliti mengatakan penurunan ini jauh lebih rendah daripada tingkat khusus untuk varian virus korona asli dan Delta. 

Para peneliti mengatakan, tingkat antibodi spesifik Omicron meningkat setelah dosis ke-3 — hampir 21 kali lipat pada minggu ke-3 dan hampir 8 kali lipat pada minggu ke-4, dibandingkan dengan 4 minggu setelah dosis ke-2 — dan suntikan menghasilkan respons yang dapat dideteksi pada kebanyakan orang selama setidaknya 8 minggu. 

Dibandingkan dengan varian asli dan Delta, proporsi antibodi spesifik-Omicron yang terdeteksi dalam darah peserta turun “dengan cepat” dari 76 persen empat minggu setelah suntikan kedua menjadi 53 persen pada minggu 8 hingga 10, dan 19 persen pada minggu 12 hingga 14. 


kapan tingkat antibodi mulai turun
(Para peneliti mengatakan, tingkat antibodi mulai turun paling cepat tiga minggu setelah suntikan booster. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)


Seperti yang dikutip dari pemberitaan Forbes, tingkat antibodi spesifik Omicron meningkat setelah dosis ke-3 — hampir 21 kali lipat pada minggu ke-3 dan hampir 8 kali lipat pada minggu ke-4, dibandingkan dengan 4 minggu setelah dosis ke-2 — dan suntikan menghasilkan respons yang dapat dideteksi pada kebanyakan orang selama setidaknya 8 minggu.

Namun para peneliti mengatakan, tingkat antibodi mulai turun paling cepat 3 minggu setelah suntikan booster, turun 4,9 kali lipat untuk varian asli, 5,6 kali lipat untuk Delta dan 5,4 kali lipat untuk Omicron antara minggu ke-3 dan 8. 

Respon antibodi "sementara" setelah dosis dua dan tiga berarti suntikan booster tambahan mungkin diperlukan untuk memerangi varian tersebut, terutama di kalangan orang tua.

Para ahli dan regulator secara luas mengakui manfaat dari dosis vaksin ketiga untuk menambah perlindungan yang lesu terhadap penyakit serius dan kematian. Ada lebih sedikit konsensus mengenai apakah booster tambahan diperlukan. 

Antibodi penetralisir telah menjadi fokus utama penelitian yang mengevaluasi vaksin tetapi mereka bukan satu-satunya bagian dari sistem kekebalan yang melindungi manusia dari penyakit. 

Bagian lain dari sistem kekebalan, seperti sel T, mungkin kurang efektif dalam mencegah infeksi tetapi mereka lebih tahan lama daripada antibodi dan dapat mengurangi kemungkinan penyakit serius jika terinfeksi. 

Banyak ahli percaya bahwa sifat terakhir ini adalah fungsi utama vaksinasi, bukan mencegah infeksi, dan data menunjukkan bahwa mereka menawarkan perlindungan yang jauh lebih tahan lama, termasuk terhadap Omicron.

(TIN)

MOST SEARCH