FITNESS & HEALTH

Seberapa Efektif Hipnoterapi Bantu Gangguan Tidur Seperti Insomnia?

Raka Lestari
Rabu 24 November 2021 / 20:11
Jakarta: Tidur merupakan hal yang penting bagi kesejahteraan tubuh atau wellbeing. Jika memiliki waktu tidur yang kurang, maka akan mengganggu berbagai aspek pada kehidupan.

Salah satu gangguan yang bisa menyebabkan kurangnya waktu tidur adalah insomnia. Dan salah satu cara yang dianggap bisa mengatasinya adalah dengan melakukan self-hypnosis. 
 

Apa itu hipnosis? 


Hipnosis adalah keadaan kesadaran di mana seseorang sangat terfokus pada ide atau gambar tertentu. Ini mengurangi kesadaran periferal mereka dan membuat seseorang berada dalam keadaan mirip seperti tertidur.

Selama hipnosis, aktivitas otak seseorang berubah, menciptakan penerimaan terhadap ide-ide baru. Hipnoterapi dianggap memiliki manfaat untuk mengobati beberapa jenis masalah kesehatan termasuk rasa sakit dan beberapa efek samping dari pengobatan kanker.


apa itu hipnosis tidur
(Hipnosis untuk tidur dapat dikombinasikan dengan jenis perawatan lain. Misalnya, dapat digunakan bersama terapi perilaku kognitif untuk insomnia. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

Apakah hipnoterapi bisa menyelesaikan masalah tidur?


Dikutip dari Sleep Foundation, dengan mendorong relaksasi dan menciptakan kesempatan untuk mengarahkan kembali pikiran dan emosi, hipnosis dapat menjadi alat yang berguna dalam meningkatkan kualitas tidur bagi orang-orang dengan kondisi seperti insomnia.

Hipnoterapi dapat mengurangi gejala kecemasan dan depresi, yang keduanya sangat berkorelasi dengan masalah tidur. Ini telah digunakan untuk mengobati rasa sakit juga, yang juga dapat menyebabkan gangguan tidur.
 

Cara kerja sleep hypnosis


Sleep hypnosis adalah penggunaan hipnoterapi untuk mengatasi masalah tidur. Tujuan dari hipnosis tidur bukanlah untuk membuat seseorang tertidur selama hipnosis itu sendiri.

Sebaliknya, ia bekerja untuk mengubah pikiran atau kebiasaan negatif yang berkaitan dengan tidur sehingga seseorang dapat tidur lebih nyenyak setelah hipnoterapi selesai.

Hipnosis untuk tidur dapat dikombinasikan dengan jenis perawatan lain. Misalnya, dapat digunakan bersama terapi perilaku kognitif untuk insomnia (CBT-I), suatu bentuk konseling yang membingkai ulang pemikiran negatif tentang tidur.

Sleep hypnosis juga dapat meningkatkan kualitas tidur untuk mengembangkan rutinitas terkait tidur yang lebih sehat.
(TIN)

MOST SEARCH