FITNESS & HEALTH

Jenis Luka yang Harus Kamu Tangani di Rumah Sakit

Kumara Anggita
Kamis 15 Oktober 2020 / 10:45
Jakarta: Setiap hari kita berisiko terkena luka. Ini bisa luka ringan yang bisa diurus di rumah sampai luka parah yang membutuhkan bantuan profesional.

Kira-kira luka macam apa yang membutuhkan penanganan rumah sakit?

Dikutip dari healthline, ada luka yang disebut dengan luka terbuka. Ini bisa terjadi karena beberapa hal seperti jatuh, kecelakaan dengan benda tajam, dan kecelakaan mobil.

Kamu harus ke dokter bila 

- Luka terbuka lebih dalam dari 1/2 inci

- Perdarahan tidak berhenti dengan tekanan langsung

- Perdarahan berlangsung lebih dari 20 menit

- Pendarahan adalah akibat dari kecelakaan yang serius

Perawatan

Dokter kamu mungkin menggunakan teknik berbeda untuk merawat luka terbuka yang kamu alami. Setelah membersihkan dan mungkin membuat area tersebut mati rasa, dokter kamu mungkin menutup luka menggunakan lem kulit, atau jahitan. Kamu mungkin akan mendapatkan suntikan tetanus jika mengalami luka tusuk.

Bergantung pada lokasi luka kamu dan potensi infeksi, dokter kamu mungkin tidak menutup luka dan membiarkannya sembuh secara alami.  Proses ini mungkin mengharuskan kamu membungkus luka dengan kain kasa. Ini menghindarkan kamu dari infeksi dan pembentukan abses.

Perawatan lain untuk luka terbuka termasuk obat pereda nyeri. Dokter kamu mungkin juga meresepkan penisilin atau antibiotik lain jika ada infeksi atau risiko tinggi berkembangnya infeksi. Dalam beberapa kasus, kamu mungkin memerlukan pembedahan.
(YDH)

MOST SEARCH