FITNESS & HEALTH

Mengulik Kondisi Kesehatan Trump usai Dinyatakan Positif Covid-19

Kumara Anggita
Jumat 09 Oktober 2020 / 18:57
Jakarta: Presiden Amerika Serikat, Donald Trump memiliki penyakit yang berisiko untuk gejala covid-19 yang lebih parah. Trump termasuk dalam kelompok berisiko tinggi dengan usia 74 tahun dan juga berat badannya.

Dilansir dari CNN, secara klinis mengalami obesitas merupakan faktor risiko untuk penyakit yang lebih parah. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), orang-orang dalam rentang usia 65-74 menghadapi risiko lima kali lebih besar untuk dirawat di rumah sakit. Tak hanya itu, risiko kematian akibat covid-19 bisa mencapai 90 kali lebih besar, dibandingkan dengan orang dewasa muda antara usia 18-29 tahun.

Berdasarkan pemeriksaan fisiknya pada April lalu, CNN mengabarkan kalau Presiden Trump memiliki berat badan 110 kg dan tinggi sekira 182 cm. Dan dalam ukuran tersebut, Presiden Trump memiliki body mass index (BMI) 30,5.

Secara teknis postur ini masuk ke dalam obesitas ringan. Dan menurut CDC, seseorang yang mengalami obesitas memiliki risiko berkali-kali lipat untuk dirawat karena covid-19.

Trump juga berjenis kelamin pria, di mana pria lebih mungkin meninggal atau menderita penyakit parah akibat covid-19 daripada wanita. Tetapi tidak diketahui apakah Trump memiliki kondisi medis lain yang dapat menempatkannya dalam kelompok berisiko tinggi.

Dokter pribadi Trump, Dr Sean Conley mengatakan bahwa pada pemeriksaan fisik terakhir Trump pada April lalu, tidak ada temuan yang signifikan atau perubahan untuk dilaporkan. Kemudian berdasarkan pemeriksaan fisik Trump pada 2018 oleh dokternya pada saat itu, Dr Ronny Jackson mengatakan bahwa, Trump menjalani CT scan kalsium koroner sebagai bagian dari pemeriksaan fisik rutinnya.

Dalam pemeriksaan tersebut, Trump mendapatkan skor 133. Pemeriksaan kalsium koroner di atas 100 menunjukkan adanya sumbatan pada arteri karena adanya plak. Menurut catatan medis resmi Trump, pada 2009 skor kalsium koronernya adalah 34 dan pada 2013 adalah 98.

Skor 133 mengungkapkan telah ada penumpukan plak yang stabil di pembuluh darah Trump, yang menunjukkan penyakit jantung sedang. Akan tetapi, Trump dilaporkan mengonsumsi obat statin yang berguna untuk menurunkan kolesterol dan skornya berada pada batas normal pada pemeriksaan terakhir Trump.
(FIR)

MOST SEARCH