FITNESS & HEALTH

Apakah Mata Kamu Sehat? Berikut 5 Ciri-ciri Mata Sehat

Muhammad Syahrul Ramadhan
Selasa 23 November 2021 / 12:49
Jakarta: Kesehatan mata menjadi isu di tengah aktivitas work from home (WFH) karena pandemi covid-19. Bukan tanpa sebab, selama WFH membuat pekerjaan harus terus menerus menatap layar laptop atau komputer.

Terlalu lama menatap layar laptop atau komputer memang dapat mengganggu kesehatan mata. Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) Dr. M. Sidik, SpM(K) mengatakan bekerja dengan komputer berlama-lama berpotensi mengakibatkan Computer Vision Syndrome (CVS). CVS merupakan kondisi di mana mata memerah, berair, gatal, kadang-kadang sampai sakit kepala.

Tentu kondisi membuat bertanya-tanya bagaimana kondisi mata masih sehat selama WFH? Apakah bisa melihat dengan jelas tanda mata masih sehat? Berikut ciri-ciri mata sehat.

Ciri-ciri mata sehat

1. Bisa melihat jelas

Ciri pertama mata sehat adalah dapat melihat dengan jelas. Dikutip dari laman Hello Sehat, dunia medis, penglihatan 20/20 bisa menjadi tolak ukur penilaian mata sehat.

Pengertian penglihatan 20/20 adalah ketajaman atau kejelasan visual yang bisa dilihat dalam jarak 20 kaki (6 meter). Artinya jika kamu bisa melihat objek pada jarak enam meter, itu berarti memiliki penglihatan 20/20.

2. Sklera berwarna putih

Sklera adalah bagian putih mata. Apabila sklera berwarna putih bersih itu tandanya mata kamu sehat.

Ilustrasi mata sehat Foto: Pexels
(Ilustrasi mata sehat Foto: Pexels)

Mulai waspada ketika Sklera berubah warna, menjadi merah atau kekuningan. Itu merupakan tanda mata sedang bermasalah.

3. Kornea mata jernih

Kornea merupakan bagian mata paling luar berupa selaput bening yang mempunyai fungsi penting dalam penglihatan. Ciri mata yang sehat adalah kornea berwarna putih jernih.
 

4. Kelopak mata dapat berfungsi dengan baik

Kelopak mata yang dapat membuka dan menutup dengan baik merupakan salah satu tanda mata sehat.

5. Bulu mata teratur

Ciri berikutnya bulu mata teratur dan mengarah ke luar. Bulu mata yang normal memiliki pertumbuhan ke arah luar juga menjadi ciri dari mata sehat.

Jika yang terjadi sebaliknya itu bisa menjadi pertanda ada masalah kesehatan pada mata.

Cara melindungi mata

Lindungi mata dari layar komputer

Gunakan aturan 20/20/20. Artinya, jika kamu melihat layar selama 20 menit, kamu harus melihat sesuatu yang berjarak setidaknya 20 kaki (6 meteran) dari kamu selama 20 detik.

Penerangan kamar harus baik. Sebenarnya, semakin sedikit cahaya yang ada di kamar, semakin baik pula mata bekerja di depan komputer. Gunakan bohlam bertegangan rendah dan pastikan pencahayaan sekitar setengah terang dari rata-rata rungan.

Lakukan pemeriksaan mata secara teratur. Ini akam memberi kesempatan besar untuk berbicara dengan seorang ahli tentang kebiasaan dan kesehatan mata.

Kurangi silau. Gunakan layar matte anti-silau jika memungkinkan (bukan LCD berlapis kaca). Jika kamu memakai kacamata, pastikan lensa kamu memiliki lapisan anti-reflektif.

Gunakan layar resolusi tinggi

Semakin tinggi semakin baik. Karena, saat tidak dapat melihat pikselnya, mata tidak bekerja keras untuk memahami gambar di monitor.

Kurangi cahaya biru. Caranya, gunakan kacamata khusus atau kurangi suhu warna layar. Ini ideal untuk penggunaan jangka panjang

Cara melindungi mata dari ponsel

Sesuaikan pengaturan layar. Turunkan kecerahan ponsel saat berada di rumah. Atau aktifkan pengaturan kecerahan otomatis agar ponsel dapat menyesuaikan tergantung pada lingkungan. Jaga jarak yang masuk akal. Kamu harus dapat melihat semua yang ada di layar ponsel dari jarak antara 16 dan 18 inci.

Gunakan mode malam. Android dan Apple modern menawarkan fitur mode malam yang memudahkan untuk secara otomatis mengurangi ketegangan mata pada malam hari.

Jangan lupa berkedip. Setiap kali kita berkedip, kita menjaga mata kita tetap lembap dan memfokuskan kembali mata kita. Lakukan sering untuk menghindari ketegangan dan kekeringan.

Gunakan pelindung layar anti-reflektif. Ini akan melindungi layar dan mengurangi silau dari lampu sekitar atau sinar matahari.

Gunakan air mata buatan (obat tetes). Untuk semua jenis kelelahan mata, baik yang disebabkan oleh komputer atau perangkat seluler, air mata buatan dapat menjadi alat yang efektif untuk menjaga mata tetap terlumasi dengan nyaman.
(RUL)

MOST SEARCH