FITNESS & HEALTH

WFH Lagi, Ini 5 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan Mental

Yuni Yuli Yanti
Senin 24 Januari 2022 / 07:00
Jakarta: Setelah kehidupan terasa normal dalam beberapa bulan terakhir, mulai dari pekerjaan, rumah tangga, hingga kehidupan sosial kini kita dihadapkan kembali pada masa awal pandemi. 

Seperti diketahui, kasus Covid-19 dengan varian Omicron mulai meningkat per harinya. Oleh sebab itu, pemerintah pun kembali melakukan pembatasan aktivitas di per kantoran, sekolah, swalayan, dan di tempat-tempat umum lainnya. 

Ketika kamu bekerja dari rumah, mudah untuk jatuh ke dalam perangkap bekerja terlalu keras. Ini bisa berat karena jadwal yang mengganggu, produktivitas rendah, dan peningkatan waktu menatap layar. Jika ini berlangsung terus-menerus maka bukan cuma memengaruhi fisik tapi juga kesehatan mentalmu. 

Dr Vidhya Nair, seorang Psikolog dan Fasilitator Holistik, menyebutkan cara menjaga kesehatan mental selama bekerja dari rumah, di antaranya: 

 

1. Alokasikan ruang kerja tetap

Penting bagimu untuk memiliki ruang kerja sendiri selama jam kantor. Selain  membuatmu duduk dalam posisi yang benar, hal ini juga dapat membangun konsentrasi, dan memungkinkanmu bekerja dengan dedikasi. Penting untuk dicatat bahwa kamu tidak boleh bekerja sambil duduk di tempat tidur, karena itu akan membuatmu malas dan menciptakan lingkungan kerja yang tidak sehat.

 

2. Tiru rutinitas sebelumnya

Berpura-puralah seolah-olah kamu seperti sedang bersiap-siap untuk bekerja. Cobalah untuk bangun pagi, berpakaian, atau setidaknya memakai pakaian bersih agar merasa segar. Cobalah untuk memulai dan mengakhiri harimu pada saat yang sama, untuk merasa seperti kamu sedang bekerja di kantor. Menciptakan lingkungan yang mirip dengan ruang kerja kantor dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas.


(Penting bagimu untuk memiliki ruang kerja sendiri selama jam kantor. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Buat aturan dasar untuk anggota keluarga saat kamu bekerja

Ini memungkinkanmu untuk membagi perhatian pada pekerjaan dan keluarga. Menetapkan aturan dasar di rumah memungkinkan untuk meminimalkan bentrokan di rumah, mengurangi gangguan, dan membuat suasana bekerja lebih efektif.


 

4. Istirahat

Penting untuk mengambil istirahat di antara waktu bekerja. Beristirahat di sela-sela pekerjaan dapat menjaga kesehatan mental, mengurangi stres dan tekanan dan ini juga dapat meningkatkan efisiensi dalam bekerja.

 

5. Terhubung dengan teman dan keluarga 

Masa Covid-19 sulit bagi kita untuk berinteraksi baik dengan keluarga maupun teman. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk memanjakan diri dalam interaksi sosial, berbagi pengalaman sehari-hari dan menenangkan pikiran, bahkan saat bekerja dari rumah. Karenanya, terhubung dengan teman dan keluarga kita adalah cara paling sehat untuk menjaga kesehatan mental yang lebih baik.

(yyy)

MOST SEARCH