FITNESS & HEALTH

Penyebab Selalu Merasa Sangat Lelah selama Menstruasi

Kumara Anggita
Kamis 12 Agustus 2021 / 10:21
Jakarta: Beberapa perempuan tidak memiliki keluhan saat menstruasi, namun sebagian lainnya mungkin sebaliknya. Salah satu keluhan yang umum terjadi adalah timbulnya rasa lelah. Kira-kira apa alasan di balik rasa lelah ini ya. Berikut di antaranya:
 

PMS


Dikutip dari Cosmopolitan, rasa lelah ini kemungkinan bagian dari Premenstrual Syndrome (PMS) atau sindrom pramenstruasi. Walaupun ini harusnya datang sebelum menstruasi, beberapa orang bisa tetap mengalaminya saat sedang menstruasi.

"Salah satu yang paling umum adalah sindrom pramenstruasi (PMS) yang bertentangan dengan namanya, sebenarnya bisa dialami selama menstruasi,” kata Dr Ashfaq Khan, konsultan dokter kandungan dan ginekolog di Harley Street Gynaecology.

"Diperkirakan bahwa PMS dapat dipicu oleh penurunan estrogen dan serotonin, menghasilkan pukulan ganda untuk perubahan suasana hati dan tingkat energi,” lanjutnya.
 

Anemia


Dr Khan juga menyatakan bahwa kelelahan saat menstruasi dapat berasal dari anemia defisiensi besi. Sebab saat menstruasi, perempuan kehilangan banyak darah.
 

Makanan dan tidur


"Kenyamanan makan yang menurunkan kadar gula darah, dan pola tidur yang terganggu selama waktu ini mungkin juga menjadi penyebabnya. Tentu saja layak melakukan serangkaian tes darah untuk mencoba dan menentukan alasan yang mendasari penurunan tingkat energi yang ekstrim selama kamu menstruasi,” kata Dr. Khan.
(FIR)

MOST SEARCH