FITNESS & HEALTH

Agak tak Dehidrasi, Ini Waktu Ideal Minum Air Putih selama Ramadan

A. Firdaus
Selasa 29 Maret 2022 / 17:25
Jakarta: Puasa sebentar lagi. Segala persiapan serta penyesuaian pola makan dan minum perlu kamu lakukan agar tetap sehat dan bugar menjalani puasa.

Salah satu hal yang kerap mengundang pertanyaan adalah, mencukupi cairan tubuh. Di mana meminum air putih adalah aktivitas yang tak boleh kamu tinggalkan. Risikonya, kamu bisa mengalami dehidrasi saat berpuasa.

"Untuk menghindari dehidrasi biasanya kita pakai cara 2-4-2 yaitu dua gelas saat buka puasa, 4 gelas saat malam hari, 2 gelas saat sahur," ujar dr. Putri Sakti, M. Gizi, Sp.GK, dalam Bincang Shopee.

Tapi terkadang, minum air saat malam hari menjadi aktivitas yang cukup sulit dikerjakan. Pasalnya, setiap orang pasti sudah tertidur agar bisa bangun tepat waktu untuk sahur.

"Nah kalau saya biasanya pakai cara fleksibel, yaitu di antara sahur dan buka puasa," terang dr. Putri.

Berikut jam-jam yang tepat untuk mengonsumsi air putih menurut dr. Putri:

03:00 WIB: Setelah bangun tidur
04:00 WIB: Setelah makan sahur
04:30 WIB: Menjelang imsak atau adzan subuh
18:00 WIB: Saat adzan Magrib
18:15 WIB: Setelah salat Magrib
19:00 WIB: Setelah makan berat
20:00 WIB: Setelah salat tarawih
21:00 WIB: Sebelum tidur

"Bangun tidur saya langsung biasa minum segelas, setelah sahur segelas, jelang imsak minum lagi," saran dr. Putri.

"Saat adzan magrib, jangan makan gorengan, minum dulu segelas. Kemudian 15 menit kemudian minum lagi untuk gelas kelima. Semetara gelas keenam biasanya setelah makan berat, sisa dua gelas lagi saat tarawih dan sebelum tidur," pungkas dr. Putri.
(FIR)

MOST SEARCH