FITNESS & HEALTH

Bahaya Terlalu Banyak Makan Bawang Putih, Salah Satunya Napas Bisa Bau

Mia Vale
Senin 18 April 2022 / 13:00
Jakarta: Bawang putih adalah bumbu favorit untuk dicampurkan dalam masakan. Ini bekerja sangat baik dalam semur, saus, pizza, dan hidangan pasta. Bahkan tak hanya sebagai bumbu masak, bawang putih juga bermanfaat bagi kesehatan. 

Namun, terlepas dari keserbagunaan dan manfaat kesehatannya, beberapa pencinta bawang putih bertanya-tanya apakah mungkin mereka berlebihan mengonsumsinya. Melansir dari laman Healthline, makan terlalu banyak bawang putih dapat menyebabkan beberapa efek samping. 
 

Peningkatan risiko perdarahan 


Salah satu efek samping yang paling serius dari makan terlalu banyak bawang putih adalah peningkatan risiko perdarahan, terutama jika menggunakan obat pengencer darah atau usai menjalani operasi. 

Hal ini karena bawang putih memiliki sifat antitrombotik, yang dapat mencegah pembentukan gumpalan darah. 

Meski jarang terjadi, satu laporan merinci kasus di mana seseorang mengalami peningkatan perdarahan setelah mereka secara teratur makan 12 gram bawang putih (berkisar empat siung) per hari sebelum operasi. 


terlalu banyak makan bawang putih menyebabkan
(Selain menyebabkan bau di mulut, bawang putih juga tak boleh dimakan terlalu banyak pada penderita Gerd. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

Napas bawang putih 


Bawang putih mengandung berbagai senyawa belerang, yang sering dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatannya. Namun, senyawa dalam bawang putih ini dapat menyebabkan bau mulut, terutama jika dimakan dalam jumlah banyak. Hal ini terutama berlaku untuk bawang putih mentah.
 

Masalah pencernaan 


Seperti bawang merah, daun bawang, dan asparagus, bawang putih mengandung fruktan yang tinggi, sejenis karbohidrat yang dapat menyebabkan kembung, gas, dan sakit perut pada beberapa orang. 

Faktanya, ketika mereka yang memiliki intoleransi fruktan makan makanan tinggi fruktan, makanan tersebut tidak sepenuhnya diserap di usus kecil. Sebaliknya, ia berjalan ke usus besar secara utuh dan difermentasi di usus, sebuah proses yang dapat menyebabkan masalah pencernaan. 


Sakit mag 


Jika memiliki penyakit gastroesophageal reflux (Gerd), pertimbangkan untuk menurunkan asupan bawang putih. Gerd adalah kondisi umum yang terjadi ketika asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan, menyebabkan gejala seperti mulas dan mual. 

Meskipun tidak ada rekomendasi resmi tentang berapa banyak bawang putih yang harus dimakan, penelitian menunjukkan bahwa makan satu sampai dua siung per hari mungkin memiliki manfaat kesehatan. 

Memasak bawang putih sebelum memakannya juga dapat membantu mencegah efek samping seperti napas bawang putih, masalah pencernaan, dan refluks asam. 

(TIN)

MOST SEARCH