End Google Analytics -->
FITNESS & HEALTH

Anak Kecil Jauh Lebih Parah saat Positif Covid-19 dan Terinfeksi Virus Pernapasan Lainnya

Mia Vale
Jumat 20 Januari 2023 / 09:00
Jakarta: Ketika pasien covid-19 yang lebih muda dari 5 tahun juga dinyatakan positif terkena virus pernapasan lain, mereka cenderung menjadi lebih sakit dan mengembangkan penyakit yang lebih parah. Hal ini diungkapkan sebuah studi baru yang diterbitkan di jurnal Pediatri. 

Studi ini dilakukan di tengah musim virus pernapasan yang keras, termasuk RSV, flu, covid-19, dan virus lain yang membanjiri rumah sakit anak-anak. Ya, merawat anak kecil dengan penyakit pernapasan yang tumpang tindih adalah pengalaman Jenevieve Silva secara langsung selama pandemi covid-19. "Puncak penyakit terjadi dari September hingga pertengahan November, ketika rumah tangga kami tidak bisa istirahat," ujarnya.

Ibu delapan anak, yang berbasis di San Jose, California, mengatakan bahwa anak laki-laki kembarnya yang berusia balita dinyatakan positif Covid-19 dan kemudian terkena virus pernapasan lain, di mana kemungkinan virus sinkronisasi pernapasan atau RSV, sekitar waktu yang sama. "Mereka terlihat sangat lemah, mereka tampak sakit, seperti sesuatu yang lebih dalam dari sekadar virus yang saling bertubi-tubi," tandas Silva.

Studi baru tersebut mencakup data 4.372 anak yang dirawat di rumah sakit karena covid-19. Di antara mereka yang dites untuk virus pernapasan lainnya, 21 persen memiliki kodeteksi, yang berarti virus pernapasan lain juga terdeteksi dalam hasil tes mereka. Data tersebut pun berasal dari jaringan pengawasan rawat inap covid-19 Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS yang disebut COVID-NET.

Secara keseluruhan, "Penelitian ini menemukan bahwa kode deteksi virus pernapasan jarang terjadi pada tahun pertama pandemi, kode deteksi RSV dan rhinovirus atau enterovirus meningkat selama periode dominan Delta dan kode deteksi influenza jarang terjadi selama 2 tahun pertama pandemi," para peneliti menulis dalam studi mereka.


(Anak yang positif covid dan terkena virus pernapasan lainnya, mereka cenderung menjadi lebih sakit dan mengembangkan penyakit yang lebih parah. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Diperlukan lebih banyak penelitian tentang dampak yang tepat dari dua virus pernapasan pada tubuh secara bersamaan, kata Dr. William Schaffner, seorang profesor di Divisi Penyakit Menular di Vanderbilt University Medical Center dan direktur medis dari National Foundation for Infectious Diseases, yang tidak terlibat dalam studi baru. 

"Tapi kami berpikir bahwa diserang oleh dua virus, terutama jika anak berusia kurang dari lima tahun, yang ditunjukkan dengan jelas oleh penelitian ini, cenderung membuat penyakit lebih parah, lebih mungkin diperpanjang di rumah sakit, lebih mungkin berada di unit perawatan intensif anak," kata Schaffner yang dinukil dari CNN.

Pandemi mengajari kami betapa menularnya virus-virus ini. Anak-anak yang dirawat di rumah sakit karena Covid-19 dan kode deteksi virus pernapasan lainnya seringkali memerlukan peningkatan dukungan oksigen dan perawatan di unit perawatan intensif. 

"Covid adalah virus yang sangat proinflamasi, sehingga benar-benar melemahkan respons imun Anda. Dan ketika Anda belum pulih, dan Anda terkena serangan kedua, dalam hal ini, RSV atau rhinovirus, Anda mengembangkan penyakit yang lebih parah," papar Asuncion Mejias, profesor asosiasi penyakit menular anak di Rumah Sakit Anak Nationwide.

Secara keseluruhan, Schaffner mengatakan bahwa temuan studi baru ini lebih menjadi alasan mengapa tetap penting untuk memastikan anak-anak mendapatkan vaksinasi covid-19 terbaru serta vaksinasi flu. Mejias menekankan pentingnya praktik yang aman untuk mencegah penyebaran virus kepada anak-anak yang terlalu muda untuk divaksinasi. 

Jika seseorang sakit, cobalah untuk menghindari kontak. Virus-virus ini tidak hanya ditularkan melalui air liur dan sekresi tetapi juga melalui tangan. Itu bisa bertahan di tangan selama lebih dari 30 menit. Jadi jika kamu menyentuh mulut dan kemudian menyentuh bayi kecil, bayi tersebut dapat menginokulasi sendiri virus tersebut dan menjadi terinfeksi. Jadi mencuci tangan dan menjalankan protokol kesehatan sangat penting.
(yyy)

MOST SEARCH