FITNESS & HEALTH

Manfaat Latihan Pernapasan untuk Pasien Covid-19

Kumara Anggita
Selasa 20 Juli 2021 / 14:08
Jakarta: Salah satu upaya yang perlu dilakukan pasien covid-19 yang sedang Isolasi Mandiri (Isoman) maupun di rumah sakit adalah dengan melakukan latihan pernapasan. Menurut dr. Amien Suharti, Sp.KFR. Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi RSUI, latihan pernapasan ini sangat bermanfaat untuk paru-paru.

Latihan sederhana ini menurut dr. Amien bisa memberikan kenyamanan saat bernapas. Susahnya bernapas menjadi kendala yang dialami orang yang terinfeksi covid-19.

“Pasien dengan infeksi covid-19 gejala yang sering ditemukan adalah sesak atau merasa tidak nyaman bernapas, napasnya berat, napasnya tidak enak. Sehingga latihan ini untuk mengurangi atau memperbaiki hal tersebut baik yang isoman maupun yang dirawat ada teknik untuk mengatasi gangguan pernapasan tersebut,” jelas dr. Amien dalam Live IG RSUI.

Ada 3 latihan pernapasan yang bisa diikuti oleh pasien covid-19. Kamu bisa mencari teknik pernapasan di bawah ini melalui internet:
 

Pursed lip breathing


Latihan pernapasan ini ada beberapa tujuan. Untuk mengurangi sesak ada latihan pursed lip breathing. Ini dilakukan agar pasien tidak terengah-engah.
 

Latihan untuk memperkuat otot pernapasan


Selain itu, kamu juga bisa mencoba beberapa latihan untuk memperkuat otot pernapasan. Dikutip dari Hello Sehat, kamu bisa coba yoga, jalan kaki, berenan dan masih banyak lagi.
 

Pernapasan diafaragma


Sesuai dengan namanya, latihan yang satu ini melibatkan diafragma dan juga perutmu. Latihan ini mempermudah kamu untuk menarik napas.

“Teknik ini berguna untuk memaksimalkan oksigen masuk,” jelasnya.
(FIR)

MOST SEARCH