FITNESS & HEALTH

Ini Lho 4 Manfaat Oatmeal untuk Menurunkan Berat Badan

Raka Lestari
Kamis 07 Januari 2021 / 12:55
Jakarta: Makanan berbahan dasar oat adalah makanan sarapan yang populer di banyak negara, termasuk Amerika Serikat, Swiss, dan Finlandia yang disebut-sebut bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena campuran serat yang sehat, karbohidrat kompleks, dan protein.

Oatmeal juga kaya akan nutrisi seperti magnesium, seng, dan serat, yang dapat membantu menurunkan kolesterol, membantu menurunkan berat badan, dan meningkatkan kesehatan usus.

"Oat membantu orang merasa kenyang, menurunkan lonjakan gula, dan menurunkan insulin. Itu adalah sifat yang membuat kamu merasa kenyang sehingga kamu berhenti makan," kata Chaim Ross, MD, ahli gastroenterologi di NYU Langone di Great Neck Medical.

Dan berikut ini adalah manfaat oatmeal yang berkaitan dengan penurunan berat badan serta kesehatan:
 

1. Membuat merasa kenyang


Serat makanan, terutama serat larut, melembutkan feses sehingga lebih mudah dikeluarkan. Ini juga mengatur rasa lapar dengan menciptakan perasaan kenyang. "Oat memiliki serat larut yang membentuk formula seperti gel yang dapat membuat orang merasa kenyang," kata Ross.
 

2. Mencegah lonjakan gula darah


Manfaat lain dari makan oatmeal adalah kandungan indeks glikemik rendah yang rendah. Indeks glikemik (GI) adalah peringkat makanan berdasarkan seberapa banyak mereka meningkatkan gula darah. 

“Oleh karena itu, GI rendah berarti oatmeal menjaga gula darah tidak melonjak terlalu tinggi selama dan setelah makan, yang dapat membantu menangkis rasa lapar lebih lama,” kata Ross. Lonjakan gula darah juga bisa menyebabkan kelelahan dan sakit kepala.
 

3. Membantu kontrol insulin


Saat kadar gula darah naik, pankreas menghasilkan insulin, hormon yang membantu sel menyerap glukosa, alias gula darah. Makanan dengan indeks glikemik rendah, seperti gandum, dicerna lebih lambat yang menyebabkan peningkatan gula darah secara bertahap. 

Ini karena insulin memungkinkan sel menyerap gula darah yang diubah tubuh menjadi lemak jika jumlahnya terlalu banyak, kadar insulin yang rendah dikaitkan dengan penurunan berat badan.
 

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Salah satu jenis serat larut, yaitu beta-glukan, ditemukan dalam gandum dan membantu mengaktifkan sel darah yang melawan infeksi. Menjaga kesehatan berarti kamu harus tetap aktif, menjaga jadwal olahraga teratur, dan menurunkan atau mempertahankan berat badan.
(TIN)

MOST SEARCH