FITNESS & HEALTH

Mindfulness Bakal Jadi Tren Kesehatan di Tahun 2022, Apa Itu?

Muhammad Syahrul Ramadhan
Sabtu 01 Januari 2022 / 10:18
Jakarta: Direktur klinis di Bupa Health Clinics Dr Elizabeth Rogers  memprediksi salah satu tren kesehatan yang akan meningkat pada tahun 2022 adalah Mindfulness. Istilah ini juga mengalami lonjakan di mesin pencari Google pada tahun 2021.

Dr Rogers mengungkapkan bahwa hasil penelitian menunjukkan melakukan mindfulness digabungkan dengan olahraga dapat memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Termasuk menurunkan risiko depresi, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Lalu apa itu mindfulness? Mindfulness adalah kemampuan dasar manusia untuk secara penuh menyadari apa terjadi terhadap keadaan sekitar dan apa yang dilakukan, dan tidak terlalu reaktif dengan apa yang terjadi di sekitar. Setiap manusia memiliki kemampuan tersebut, tinggal perlu belajar untuk mengakses dan melakukannya.

Berdasarkan kamus Cambridge, mindfulness adalah praktik menyadari tubuh, pikiran, dan perasaan Anda pada saat ini, berpikir untuk menciptakan perasaan tenang.

Latihan mindfulness Pexels
(Latihan mindfulness Foto: Freepik)

Dilansir dari laman Alodokter, Mindfulness adalah salah satu jenis meditasi yang dapat melatih seseorang untuk fokus terhadap keadaan sekitar dan emosi yang dirasakan serta menerimanya secara terbuka.

Jenis-jenis latihan mindfulness

Dikutip dari laman mindful, ada tiga jenis latihan mindfulness yang bisa dilakukan, berikut contohnya:
  • Meditasi duduk, berjalan, berdiri, dan bergerak (mungkin juga berbaring tetapi sering menyebabkan tidur)
  • Jeda singkat, memasuki ke dalam kehidupan sehari-hari
  • Menggabungkan latihan meditasi dengan aktivitas lain, seperti yoga atau olahraga.

Manfaat mindfulness

Banyak manfaat yang didapatkan dari mempraktikan mindfulness untuk kesehatan, khususnya mental. Berikut beberapa manfaat mindfulness:

1. Melatih pikiran dan fokus

Ketika dalam perhatian penuh, banyak manfaat yang didapatkan seperti stres berkurang, meningkatkan kinerja, mendapatkan wawasan dan kesadaran melalui mengamati pikiran sendiri, dan meningkatkan perhatian kita pada kesejahteraan orang lain.

2. Menikmati hidup

Meditasi mindfulness dapat membuat Anda merasakan nikmatnya hidup.  Dengan melatih pikiran dengan cara mindfulness, Anda akan merasa lebih tenang dan tidak mudah stres. Hal ini bisa membuat Anda lebih menikmati hidup.

3. Mencintai diri sendiri

Dengan melatih pikiran dengan mindfulness, Anda akan menghargai dan menyayangi diri sendiri apa adanya. Jika Anda selama ini merasa kurang mencintai diri sendiri praktik ini mungkin bisa dicoba.




 
(RUL)

MOST SEARCH