FITNESS & HEALTH

Langkah-langkah yang Bisa Dilakukan untuk Mengurangi Kecemasan dan Depresi

Raka Lestari
Sabtu 23 April 2022 / 16:28
Jakarta: Depresi merupakan salah satu gangguan psikologis yang bisa menurunkan tingkat produktivitas seseorang. Ada berbagai macam faktor yang menyebabkan seseorang bisa mengalami depresi.

Untuk mendiagnosis apakah seseorang mengalami depresi, perlu dilakukan pemeriksaan oleh ahli. Meskipun demikian, kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya seperti berikut ini:
 

1. Tidak memegang ponsel


Praktisi perawat kejiwaan Kimberly Meehan, NP, menyarankan untuk melakukan pengaturan dalam waktu yang dihabiskan untuk memainkan ponsel milikmu. Jika kamu tidak memiliki batasan waktu dengan ponsel, maka itu akan meningkatkan kecemasan.

"Mengurangi keterlibatan dengan rasa panik yang dimiliki oleh orang lain juga dapat membantu menjaga kesehatan mental sendiri, karena emosi dapat menular dari satu orang ke orang lain, sebuah fenomena yang disebut penularan emosi (emotional contagion)," ujar Meehan.
 

2. Membuat jadwal dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan


"Jadwal harian untuk melakukan aktivitas yang meningkatkan kreativitas dapat mengajarkan pikiran bagaimana menghadapi sesuatu yang tidak sesuai dengan prediksimu," ujar Meehan.

Secara ilmiah, memiliki rutinitas memang penting untuk menjaga siklus tidur, asupan nutrisi, dan tingkat energi yang baik. Namun, Meehan menyarankan untuk memulai hari dengan melakukan kegiatan yang kamu inginkan dibandingkan yang harus kamu lakukan, sebelum benar-benar melakukan tanggung jawab atau pekerjaanmu.
 

3. Melakukan aktivitas yang dapat meningkatkan kemampuan sensori


Sentuhan adalah perasaan yang membantu membangunkan pikiran. Dan baru-baru ini, peneliti menemukan bahwa sentuhan, terutama sentuhan pada manusia dapat memicu orbitofrontal cortex otak untuk mengkomunikasikan emosi seperti kasih sayang dan cinta.

Cobalah dengan melakukan kegiatan yang berkaitan dengan sentuhan. Seperti menguleni adonan, memotong sayuran, memainkan alat musik, atau menjahit. Menurut Meehan, memasak dapat membantu membangun perasaan dan meningkatkan fokus.
 

4. Melakukan permainan kognitif


Cobalah untuk bermain puzzle, teka-teki silang, atau Sudoku. Menurut sebuah studi 2019 dari para peneliti University of Exeter, permainan kognitif seperti ini mengasah kemampuan mengingat, perhatian, dan bernalar.

“Jenis permainan ini juga melibatkan pemikiran logis, yang mencegahmu melamun atau mengkhawatirkan hal lain. Selain itu, permainan ini dapat membantu mengurangi gejala depresi,” kata Meehan.
(FIR)

MOST SEARCH