FITNESS & HEALTH

Alasan Seseorang Berpikiran untuk Bunuh Diri

Raka Lestari
Minggu 14 Maret 2021 / 08:00
Jakarta: Belum lama ini riuh di jagad pertelivisian dan online tentang kasus Meghan Markle yang diwawancara oleh Oprah Winfrey. Dalam pernyataannya dia menyebutkan bahwa sempat terbersit pikiran untuk mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. "Aku tidak ingin hidup lagi," katanya seperti dilansir dari USAtoday.

Faktanya, setiap tahun jutaan orang mencoba bunuh diri. Namun alasan bunuh diri masih terasa misterius dan bahkan tak terbayangkan oleh banyak dari kita. 

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), di Amerika Serikat bunuh diri adalah penyebab kematian kesepuluh, yang bertanggung jawab atas puluhan ribu kematian setiap tahun.

“Sering kali, orang-orang terlibat dalam pemikiran untuk bunuh diri atau perilaku bunuh diri karena mereka merasa mereka tidak dapat lagi menahan rasa sakit psikologis dan emosional yang mereka alami saat ini,” ujar Anthony P. DeMaria, PhD, seorang psikolog klinis dan psikoterapis kepada Health.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan seseorang memiliki keinginan untuk bunuh diri, seperti berikut ini:
 

Depresi dan penyakit mental


"Orang yang depresi, bipolar, atau mengalami stres pascatrauma, lebih rentan terhadap pikiran atau tindakan bunuh diri," ujar Michael Genovese, MD, psikiater klinis, spesialis kecanduan, dan kepala petugas medis Acadia Healthcare. 

"Disebutkan juga bahwa ada banyak orang yang tidak memiliki diagnosa apapun kemudian meninggal karena bunuh diri." Meskipun banyak orang mungkin mengalami depresi klinis, namun hanya sedikit yang mencoba bunuh diri.
 

Rasa putus asa


Perasaan putus asa, dimana seseorang merasa bahwa tidak ada jalan keluar dari situasi yang sudah tidak bisa dihadapi juga menjadi salah satu faktor risiko terbesar. 

"Terkadang seseorang terlibat dalam pemikiran bunuh diri atau perilaku bunuh diri karena mereka merasa tidak dapat lagi menahan rasa sakit akibat tekanan psikologis yang mereka alami saat ini," ujar DeMaria.
 

Situasi yang membuat stres


"Situasi stres dapat menyebabkan keinginan untuk bunuh diri," kata Dr Genovese. Berbagai hal yang dapat menyebabkan stres mencakup berbagai pengalaman, seperti krisis hubungan, masalah keuangan, tekanan akademis atau pekerjaan, perundungan, masalah kesehatan, kehilangan orang yang dicintai, dan sebagainya.
 

Isolasi


"Memiliki dukungan keluarga dan struktur sosial merupakan faktor pelindung terhadap bunuh diri," kata Dr Genovese. Sebaliknya, orang yang kurang dukungan dari sekelilingnya berisiko tinggi untuk bunuh diri.

Faktor risiko tambahan untuk bunuh diri termasuk upaya bunuh diri sebelumnya, anggota keluarga yang meninggal karena bunuh diri, penyalahgunaan alkohol atau zat, atau riwayat pelecehan atau trauma.
(TIN)

MOST SEARCH