FITNESS & HEALTH

Penyebab Sariawan pada Bayi dan Anak

Raka Lestari
Jumat 16 Oktober 2020 / 14:19
Jakarta: Sariawan merupakan salah satu keluhan yang cukup sering dialami oleh banyak orang. Tidak terkecuali pada bayi dan anak-anak. Mereka pun bisa tetap mengalami sariawan seperti orang dewasa, meskipun memang cara penanganannya mungkin akan sedikit berbeda.

Menurut dr. Herwanto, Sp.Adari Rumah Sakit Mitra Keluarga  Kalideres, Jakarta, sariawan merupakan peradangan yang terjadi di dalam mulut yang ditandai dengan kemerahan, bengkak, atau luka yang dapat disertai pendarahan. Lokasi sariawan sendiri bisa terdapat pada mukosa pipi bagian dalam (bukal), mukosa bibir (labial), lidah dan gusi, serta langit-langit mulut (palatum) dan dasar rongga mulut.

“Sariawan pada bayi dan anak umumnya disebabkan oleh jamur, terinfeksi virus, kesalahan menggosok gigi,  tergigit  atau  terjatuh dan imunitas  tubuh yang kurang baik,” ujar dr. Herwanto dalam edukasi media “Kenali Sariawan Bayi dan Anak”  pada Kamis, 15 Oktober 2020.

Menurut dr. Herwanto, sariawan pada bayi dan anak akan hilang satu sampai dua minggu, namun jika tidak sembuh, ukuran membesar, demam dan timbul terus menerus disarankan konsultasi ke dokter agar mendapatkan obat yang tepat untuk mengurangi rasa sakit. "Untuk mencegah sariawan, sebaiknya hindari makanan yang bersifat iritasi, makan-makanan yang sehat, selalu menjaga kebersihan mulut, lindungi mulut, dan hindari stres," tambahnya.

“Dalam pengobatan   sariawan  prinsip yang  harus   diperhatikan adalah  kita  harus   mengatasi  gejala dan mengatasi penyebabnya,untuk itu dalam pengobatannya kita harus memperhatikan obat sariawan yang ideal,”ujar apt. Vania   Harista Product  Manager  PT Kalbe Farma  Tbk.

dr. Herwanto menambahkan bahwa obat sariawan yang ideal adalah yang memiliki kriteria seperti berikut:

Efektif 


Nyeri berkurang
Mula kerja cepat dan bertahan lama

Aman 


Jika tertelan
Efek samping minimal


Nyaman 


Tidak mengiritasi mukosa dan luka
Rasa dapat ditoleransi


Praktis


Mudah diaplikasikan pada lokasi sariawan dimana saja
(YDH)

MOST SEARCH