FITNESS & HEALTH

Platform Digital jadi Cara Efektif Kampanyekan 'Ayo Kita Vaksin'

A. Firdaus
Selasa 14 November 2023 / 09:09
Jakarta: Penyebaran cepat Covid-19 selama pandemi mengingatkan kita akan dampak buruk wabah penyakit menular dalam skala besar terhadap diri kita sendiri, keluarga, dan teman-teman kita di segala usia. Sehingga, perlindungan terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin menjadi lebih relevan dibandingkan sebelumnya.

Sejalan dengan tema Hari Kesehatan Nasional Ke-59 2023 yaitu 'Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju' diperlukan suatu inovasi untuk mendukung upaya peningkatan kesehatan masyarakat Indonesia, yang salah satunya diharapkan dapat diakomodasi melalui platform digital 'Ayo Kita Vaksin'.

Dalam memeriahkan Hari Kesehatan Nasional ke-59, perusahaan biofarmasi terkemuka, PT Glaxo Wellcome Indonesia (“GSK”) mengajak masyarakat untuk lebih memahami pentingnya vaksinasi, melalui kampanye edukasi 'Ayo Kita Vaksin' di Car Free Day yang berlokasi di depan Menara BCA Kawasan Thamrin pada Minggu 12 November 2023.

Acara ini dibarengi dengan berbagai kegiatan seperti jalan sehat, edukasi masyarakat akan pentingnya vaksinasi, serta peluncuran media digital edukasi masyarakat terbaru di Instagram @ayokitavaksin, Facebook page “Ayo Kita Vaksin”, dan TikTok @ayokitavaksin.id.

President Director & General Manager GSK Indonesia, Manish Munot mengungkapkan, vaksinasi telah terbukti menjadi salah satu intervensi kesehatan terbesar karena telah menyelamatkan jutaan nyawa. Dengan tingginya angka kelahiran, bonus demografi, dan populasi menua di Indonesia ke depannya, peningkatan pemahaman masyarakat mengenai manfaat vaksinasi diperlukan untuk mencapai kesehatan masyarakat yang lebih baik.

"Platform edukasi digital 'Ayo Kita Vaksin' diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksinasi untuk segala rentang usia," ungkap Manish.

GSK bukan tanpa alasan untuk menggalakkan kampanye 'Ayo Kita Vaksin' lewat media sosial, pasalnya Hingga 2023, pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai jumlah 167 juta orang atau setara dengan 60,4% dari populasi Indonesia. Jumlah pengguna internet di Indonesia tercatat sebanyak 212,9 juta pada Januari 2023, dan 98,3% di antaranya mengakses internet menggunakan telepon genggam.

"Vaksinasi penting untuk pencegahan penyakit bagi anak-anak dan juga dewasa. Edukasi kesehatan harus memenuhi unsur keberlanjutan (terus menerus), bersifat simultan dan ditujukan secara merata kepada seluruh lapisan masyarakat. Hal ini bertujuan agar pentingnya vaksinasi untuk mencegah berbagai penyakit bisa dipahami masyarakat lebih baik," imbuh Manish.

Keberadaan platform 'Ayo Kita Vaksin' diharapkan dapat berkontribusi dalam membangun kesadaran akan pentingnya vaksin untuk memerangi penyakit infeksi akibat virus yang dapat menyerang segala usia, mulai dari influenza, hepatitis, hingga pertussis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

(FIR)

MOST SEARCH