End Google Analytics -->
FITNESS & HEALTH

Cara Alami Menghilangkan Residu Pestisida pada Buah dan Sayur

Medcom
Rabu 11 Januari 2023 / 07:10
Jakarta: Ada lebih dari 1000 pestisida yang digunakan di seluruh dunia untuk memastikan makanan tidak rusak atau hancur oleh hama. Setiap pestisida memiliki sifat dan efek toksikologi yang berbeda.

Pestisida adalah salah satu penyebab utama kematian akibat keracunan sendiri, terutama di negara berpenghasilan rendah dan menengah. Karena pestisida secara intrinsik beracun dan sengaja disebarkan di lingkungan, produksi, distribusi, dan penggunaannya membutuhkan pengaturan dan kontrol yang ketat.

Pemantauan residu dalam makanan dan lingkungan secara teratur juga diperlukan. WHO, bekerja sama dengan FAO, bertanggung jawab untuk menilai risiko terhadap manusia dari pestisida, baik melalui paparan langsung atau residu dalam makanan, dan untuk merekomendasikan tindakan perlindungan yang memadai.

Oleh karena itu, penting untuk menghilangkan residu pestisida berbahaya pada produk tanaman (buah dan sayur), atau produk organik untuk memastikan bahwa konsumsi produk akan memberi manfaat kesehatan tertinggi.

Berikut adalah beberapa tips untuk menghilangkan residu pestisida produk konvensional kamu sesehat mungkin:
 

1. Rendam dengan air garam


Penelitian menunjukkan bahwa merendam buah dan sayuran dalam larutan air garam 10% selama 20 menit menghilangkan sebagian besar residu dari empat pestisida yang paling umum.
 

2. Rendam dalam cuka


Cuka adalah cara lain untuk menghilangkan residu dari buah dan sayuran. Beberapa pakar menyarankan untuk melarutkan 4:1 (4 bagian air dengan 1 bagian cuka) selama sekitar 20 menit.

Sementara yang lain menyarankan cuka berkekuatan penuh diperlukan untuk menghilangkan pestisida secara menyeluruh. Cuka juga dapat menghilangkan banyak jenis bakteri yang mungkin ditemukan pada makanan juga. Berhati-hatilah untuk merendam buah berpori, seperti beri, dalam larutan ini, karena dapat mempengaruhi kulit tipis.
 

3. Bersihkan dengan larutan baking Soda


Membubuhkan 1 ons soda kue dengan 100 ons air adalah cara lain untuk membersihkan pestisida. Rendam produk selama 12-15 menit dalam larutan, lalu bilas dengan air.
 

4. Cuci dengan air dingin


Para peneliti di Connecticut Agricultural Experiment Station menemukan bahwa membilas produk dengan air dingin mampu mengurangi residu pestisida untuk 9 dari 12 pestisida yang diuji.
 

5. Kupas


Cara lain untuk membatasi konsumsi pestisida adalah dengan membeli produk secara lokal dan musiman, dan dengan mengupas kulitnya.

Nandhita Nur Fadjriah
(FIR)

MOST SEARCH