FITNESS & HEALTH

Pegal Setelah Berolahraga? Ice Bath Bisa Meredakan Ketegangan Otot

Medcom
Kamis 17 November 2022 / 15:17
Jakarta: Biasanya seorang atlet olahraga atau seseorang yang habis melakukan gym rutin kemudian mereka berendam dalam air es yang bersuhu kurang dari 0 derajat celcius. Kegiatan itu disebut Ice Bath.

Ice bath atau pemandian es merupakan terapi yang bisa dilakukan olahragawan untuk merelaksasi otot-ototnya yang menegang. Tak seperti mandi santai yang mungkin biasa kamu lakukan untuk membersihkan diri, ice bath dilakukan lebih cepat, berendam terapeutik dalam air dingin yang diisi dengan es batu; rasanya sungguh menyegarkan. Brrr!!
 

Seberapa sering mandi es dilakukan?


Banyak atlet menyarankan mandi es sesegera mungkin setelah latihan untuk DOMS. Dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa metode ini paling efektif hingga 24 jam setelah berolahraga.

Pendukung terapi air dingin lainnya mengatakan bahwa kamu harus mengakhiri setiap mandi dengan semburan air dingin, beralih ke mandi es biasa sesuai kebutuhan. Ice bath paling baik adalah melakukannya dengan cepat, dimulai dengan lima menit dan maksimalkan pada 10.

Manfaat apa saja yang didapatkan ketika melakukan ice bath?

1. Mengurangi peradangan dan pembengkakan
2. Meredakan sakit otot
3. Membantu pemulihan olahraga
4. Menurunkan suhu tubuh inti
5. Mendukung kekebalan
6. Meningkatkan kesehatan mental
 

Siapa yang tidak boleh melakukan ice bath?


Sebelum mencoba mandi es, penting untuk mengetahui apakah itu aman untukmu. Jika kamu memiliki riwayat penyakit, tanyakan kepada dokter sebelumnya, karena mandi es dapat berdampak negatif dan berpotensi berbahaya bagi orang yang memiliki kondisi medis tertentu. Seperti: penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, neuropati perifer, sirkulasi yang buruk, stasis vena, penyakit aglutinin dingin.

Nandhita Nur Fadjriah
 
(FIR)

MOST SEARCH