FITNESS & HEALTH

Ini Beberapa Tanda Awal kalau Kamu sedang Mengalami Depresi

Raka Lestari
Kamis 18 November 2021 / 16:13
Jakarta: Setiap orang tentunya pernah mengalami masa-masa sedih, dan ketika mengalaminya tidak banyak hal yang bisa dilakukan. Sesekali merasa sedih merupakan hal yang normal. Tetapi ada beberapa waktu di mana perasaan sedih atau mengalami hari yang buruk sebenarnya merupakan tanda-tanda depresi.

Dilansir dari Bustle, berikut ini adalah beberapa tanda bahwa seseorang mungkin mengalami depresi:
 

1. Mengalami kesulitan berkonsentrasi


Kesulitan untuk bisa tetap fokus pada hal-hal tertentu yang sedang dilakukan bisa menjadi indikator masalah yang lebih besar. Dengan depresi, pikiran dan otak biasanya akan lebih mudah kehilangan fokus.

"Kemampuan untuk fokus akan menghilang dan pikiran akan mengawang. Seseorang juga tidak dapat mengingat apapun untuk periode tertentu. Ini juga merupakan tanda utama depresi," ujar Joshua Klapow, Ph.D., psikolog klinis.
 

2. Merasa tidak punya motivasi


Tidak ingin melakukan hal apapun pada saat-saat tertentu memang merupakan hal yang normal, namun jika hal ini terjadi secara berkelanjutan maka bisa menjadi tanda adanya depresi. Klapow menjelaskan bahwa, ini bukan hanya tidak ingin melakukan apapun, tetapi kehilangan motivasi untuk sebagian besar hal secara umum.

"Hal-hal yang sebelumnya menarik, tidak lagi menarik bagimu. Untuk individu dengan depresi, ini disebut anhedonia. Perasaan bahwa tidak ada yang menarik dan kehilangan motivasi untuk melakukan kegiatan apa pun," terang Klapow.
 

3. Menjadi gampang marah


Beberapa hal mungkin akan membuatmu merasa jengkel, dan itu merupakan hal yang normal. Tetapi jika kamu merasa mudah marah atau kesal terhadap berbagai hal dalam waktu yang lama, itu mungkin pertanda depresi.

"Mereka tidak merasa sedih atau murung, tetapi mereka terus menerus mudah marah dan tersinggung," jelas Klapow.
 

4. Merasa sangat lelah


Seiring bertambahnya usia, tubuh mungkin akan menjadi lebih cepat lelah. Dan itu terjadi pada semua orang. Tetapi, kelelahan bisa menjadi tanda depresi, jika mulai dirasakan sepanjang waktu atau tidak dapat menjelaskan alasannya.

"Dalam kasus depresi, perasaan lelah dan lunglai ini disebut keterbelakangan psikomotor. Tubuh kita tidak bergerak dengan kecepatan normal. Kamu hanya merasa bahwa semuanya berjalan sangat lambat," kata Klapow.

Jika merasa lelah, tidur lebih banyak atau makan makanan kaya nutrisi dapat mengatasi masalah ini. Tetapi jika hal tersebut tidak berhasil, penting untuk berbicara dengan ahli kesehatan mental untuk mengetahui penyebabnya.
(FIR)

MOST SEARCH