FITNESS & HEALTH

Hati-Hati, 5 Kebiasaan Minum Kopi ini Bisa Bikin Cepet Tua

Cindy
Minggu 21 November 2021 / 18:50
Jakarta: Minum kopi bisa memberi sejumlah manfaat, terutama menambah energi di pagi hari. Namun, lima kebiasaan minum kopi ini bisa membuat Anda menjadi cepat tua, lho. 

Kopi diketahui dapat menurunkan berat badan, meningkatkan fungsi otak, serta meminimalisasi risiko penyakit. Penyakit yang dapat dihindari dengan minum kopi mulai dari masalah jantung, diabetes tipe 2, risiko kanker, hingga risiko alzheimer.

Meski begitu, mengonsumsi kopi dengan cara yang tidak tepat dapat berdampak buruk bagi kesehatan, terutama penuaan. Berikut sejumlah kebiasaan minum kopi yang harus dihindari agar Anda tidak cepat tua:

1. Minum kopi untuk sarapan

Minum kopi pengganti sarapan dapat meningkatkan penuaan. pexels
Minum kopi pengganti sarapan dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Pexels.

Para ahli kesehatan selalu menekankan betapa pentingnya sarapan setiap hari. Tapi bukan berarti sarapan yang dimaksud ialah dengan minum kopi. Minum kopi sebagai pengganti sarapan tidak disarankan karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan, terutama bagi penderita asam lambung. 

"Melewatkan waktu makan utama (sarapan) dapat menyebabkan pola makan yang kurang bergizi, khsusunya yang bertentangan dengan penuaan," kata ahli nutrisi Lisa Moskovitz, Minggu, 21 November 2021. 

Sebaiknya sarapan yang lebih sehat seperti potongan buah, biji-bijian, kacang-kacangan, atau bahan makanan tinggi antioksidan lainnya. 

2. Kopi yang terlalu manis

Minum kopi hitam memang lebih rendah kalori dan lebih sehat. Beda lagi kalau kopi ditambah banyak gula, krim, sirup, atau pemanis lainnya. Kebiasaan minum kopi yang terlalu manis dapat memengaruhi kesehatan, seperti meningkatkan gula darah, peradangan, hingga penuaan dini. 

"Jumlah gula sewajarnya dalam kopi memang tidak masalah, tetapi menambahakn gula berlebihan setiap kali minum kopi sangat buruk untuk penumpukkan kalori dan gula dalam tubuh," ujar Moskovitz. 

Baca: 5 Manfaat Kopi untuk Perawatan Kulit

3. Tidak minum air putih

Minum air putih menjadi kebiasaan yang sering dilupakan banyak orang, terutama bagi penikmat kopi. Hal ini tentu bisa menjadi penyebab dehidrasi dan berbahaya bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan di masa mendatang. 

"Terlalu banyak kopi dan lupa akan air putih dapat menyebabkan dehidrasi yang berdampak negatif pada kulit, pencernaan, tingkat energi, peneyrapan nutrisi, dan sendi," kata Moskovitz. 

4. Minum kopi sepanjang hari

Minum kopi sepanjang hari juga tidak baik untuk kesehatan. Pexels
Minum kopi sepanjang hari juga tidak baik untuk kesehatan. Pexels.

Para ahli menyarankan waktu terbaik untuk minum kopi ialah di pagi hari. Kafein dapat memicu lonjakan energi, sehingga secangkir kopi lebih sempurna dinikmati di pagi hari sebelum beraktivitas. 

Meminum kopi di malam hari sebetulnya tidak membuat sebagian orang menjadi kesulitan tidur. Tetapi ahli tidak menyarankan untuk konsumsi kafein pada malam hari. Sebab, kafein berfungsi sebagai stimulus yang justru dapat merusak kualitas tidur. 

"Ketika dikonsumsi terlalu dekat dengan waktu tidur maka akan menganggu istirahat yang cukup. Tidur yang buruk dapat mendatangkan efek buruk pada pemulihan organ, sistem kekebalan tubuh, suasana hati, energi, dan metabolisme," ujar Moskovitz. 

5. Menambah pemanis buatan

Konsumsi kopi dengan tambahan pemanis buatan di dalamnya dapat mendatangkan dampak serius bagi kesehatan jangka panjang. Moskovitz menuturkan pemanis buatan dapat membahayakan kadar insulin tubuh, mengancam kesehatan usus, hingga organ vital lainnya. 

Baca: Waspada dengan Makanan dan Minuman Ini! Dapat Mengganggu Kesehatan Mata
(CIN)

MOST SEARCH