FITNESS & HEALTH

Berbeda dengan Hipotermia, Frostbite Bisa Membuat Korban Diamputasi

Medcom
Rabu 16 November 2022 / 13:15
Jakarta: Tahukah kamu, suhu dingin tidak hanya menyebabkan orang terkena hipotermia saja. Ternyata, ada penyakit lain yang disebabkan oleh kedinginan, yaitu Frostbite.

Frostbite adalah cedera yang disebabkan oleh pembekuan kulit dan jaringan di bawahnya. Namun biasanya orang yang mengalami frostbite, pada tahap awal tidak akan menyadari sampai ada orang lain yang memberitahunya bahwa salah satu bagian tubuhnya sudah membiru.

Tapi kamu tak perlu terlalu khawatir, jika baru mengalami tahap ini, maka tidak ada kerusakan permanen pada kulit dan masih bisa melakukan pertolongan.
 

Gejala frostbite


Gejala Frostbite meliputi kulit dingin dan rasa seperti ditusuk-tusuk, diikuti oleh mati rasa dan kulit yang meradang atau berubah warna. Saat radang dingin memburuk, kulit bisa menjadi keras atau tampak seperti lilin. Bisa menyebabkan kekakuan sendi dan otot, melepuh setelah rewarming.

Frostbite paling sering terjadi pada jari tangan, jari kaki, hidung, telinga, pipi, dan dagu. Perubahan warna area yang terkena mungkin sulit dilihat pada kulit coklat atau hitam.

Frostbite terjadi dalam beberapa tahap:

1. Frostnip


Ini merupakan bentuk ringan dari radang dingin. Paparan dingin yang terus menerus menyebabkan mati rasa di daerah yang terkena. Saat kulitmu menghangat, kamu mungkin merasakan sakit dan kesemutan. Frostnip tidak menyebabkan kerusakan kulit permanen.
 

2. Radang dingin superfisial


Tahap ini menyebabkan sedikit perubahan warna kulit. Jika kamu mengobati radang dingin dengan penghangatan kembali pada tahap ini, permukaan kulit mungkin tampak berbintik-bintik. Dan kamu mungkin merasakan rasa perih, terbakar, dan bengkak. Kemudian melepuh berisi cairan dapat muncul 12 hingga 36 jam setelah menghangatkan kulit.
 

3. Radang dingin yang dalam (parah)


Saat radang dingin berlanjut, itu memengaruhi semua lapisan kulit serta jaringan yang ada di bawahnya. Kulit menjadi putih atau biru keabu-abuan dan kamu kehilangan semua sensasi dingin, nyeri, atau ketidaknyamanan di area tersebut.

Kemudian sendi atau otot mungkin berhenti bekerja. Lepuh besar terbentuk 24 hingga 48 jam setelah penghangatan kembali. Jaringan menjadi hitam dan keras saat mati. Jika sudah berada di tahap ini, mungkin sudah tidak ada cara lagi selain melakukan amputasi.

Pertolongan pertama yang bisa dilakukan:
1. Melepaskan pakaian basah.
2. Melindungi daerah yang terkena dari dingin lebih lanjut.
3. Tidak berjalan dengan kaki yang membeku.
4. Mengurangi rasa sakit dengan obat pereda nyeri.

Nandhita Nur Fadjriah
 
(FIR)

MOST SEARCH