FITNESS & HEALTH

Kasus Covid-19 Mulai Mereda, Siloam Hospitals Tetap Siaga Selama Pandemi

Medcom
Kamis 28 April 2022 / 12:00
Jakarta: Tenaga kesehatan menjadi garda terdepan dalam penanganan covid-19 di Indonesia. Perjuangan para tenaga kesehatan dan pihak terkait lainnya tak sia-sia seiring mulai menurunnya kasus covid-19.

Namun, penurunan kasus covid-19 tetap tidak boleh membuat masyarakat, khususnya para tenaga kesehatan lengah. Belum lama rasanya ketika kasus covid-19 menurun, tiba-tiba varian baru omicron muncul awal tahun 2022.

Dampak peningkatan itu sempat dirasakan juga Rumah Sakit Siloam ketika bulan Februari berdampak terhadap volume pasien. Jumlah pasien rawat inap, hari rawat inap, dan pasien rawat jalan lebih tinggi masing-masing 3,3%, 4,2%, dan 1% dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya. Tapi untungnya, jumlah pasien covid-19 varian omicron cukup rendah.

"Hal ini tetap berdampak terhadap penurunan volume pasien pada bulan Februari 2022. Dilanjutkan dengan pemulihan yang cepat pada bulan Maret dan kami berharap peningkatan ini akan terus berlanjut," kata Presiden Direktur Siloam Darjoto Setyawan dalam keterangan tertulisnya.  

Sejauh ini, lanjut Darjoto Setyawan, pihaknya mencatatkan pendapatan Rp1,75 triliun di kuartal pertama tahun 2022 atau menurun 8,7% dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. Karena itu, pihaknya telah mengusulkan dividen sebesar Rp250 miliar untuk tahun buku 2021.

"Kami senang menyampaikan kepada publik bahwa Siloam telah membuka rumah sakit terbarunya, Siloam Holland Village. Rumah sakit ini adalah rumah sakit pertama yang dibuka dalam lini bisnis managed service Siloam," katanya.

Meski ada penurunan kasus covid-19, Darjoto memastikan akan tetap siaga dan tetap meningkatkan kemampuan medis selama pandemi. Bukan tidak mungkin Siloam dapat membuka rumah sakit baru lain dengan risiko yang rendah

"Seiring dengan meredanya pandemi covid-19, kami semakin fokus untuk menjalankan berbagai macam inisiatif pertumbuhan. Kami terus meningkatkan kemampuan medis kami selama pandemi dan kami berhasil melangkah maju di tahun 2022. Saya sangat optimis terhadap berbagai peluang yang akan datang di tahun ini. Kami akan melayani lebih banyak pasien dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya," paparnya.

 
(ELG)

MOST SEARCH