FITNESS & HEALTH

Kala Flu Menyerang, Berapa Lama Penyakit Ini Menular? Yuk Cari Tahu

Mia Vale
Rabu 26 Oktober 2022 / 08:00
Jakarta: Boleh dibilang flu (influenza) merupakan penyakit yang mudah menular. Sehingga bukan pemandangan yang aneh bila dalam satu keluarga ada salah seorang anggota keluarga sakit flu, maka tidak berapa lama akan menulari anggota keluarga lainnya. 

Begitu pula dengan di sekolah atau perkantoran. Maka dari itu, bila ada seseorang yang terkena flu, disarankan untuk segera beristirahat di rumah. Pasalnya, gejala flu sangat mudah menular sehingga kamu diimbau untuk istirahat sampai benar-benar sembuh.

Flu sendiri merupakan infeksi virus influenza pada saluran napas. Penyakit ini memiliki gejala yang hampir serupa dengan pilek, hanya lebih berat. Orang yang terinfeksi virus ini akan mengalami demam tinggi, nyeri otot, dan sakit kepala parah yang bisa membuat tubuh tumbang berhari-hari. Namun, pernahkah kamu berpikir mengapa penularan flu begitu cepat?
 

Menular sebelum gejala flu

Masa inkubasi flu adalah waktu antara seseorang terpapar virus hingga awal gejala. Ini biasanya berlangsung antara 24 jam dan empat hari. Artinya, jika terpapar virus influenza dan terinfeksi, kamu akan mulai mengalami gejala flu, seperti demam dan nyeri tubuh, antara 24 jam dan empat hari setelah terpapar. Di antara rentang waktu tersebut kamu sudah bisa menyebarkan virus bahkan sebelum kamu menyadarinya. Ingat, masa inkubasi flu rata-rata berkisar dua hari.
 

Menular setelah gejala flu

Setelah gejala flu mulai, orang dewasa dapat menyebarkan virus selama lima hingga 10 hari. Namun, jumlah penyebaran virus berkurang secara signifikan setelah tiga hingga lima hari. Sementara, orang dewasa paling menular dengan flu dari 24 jam sebelum gejala mulai dari tiga sampai lima hari sesudahnya.
 

Ada gejala itu lebih baik

Sebenarnya, adanya gejala adalah cara yang baik untuk mengetahui bahwa seseorang tertular. Pada anak-anak, flu menular hingga 10 hari, bahkan lebih dari itu. Orang yang memiliki masalah sistem kekebalan yang serius dapat menyebarkan influenza selama berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan, setelah mereka mendapatkannya.

Gejala flu umumnya tidak muncul secara bertahap. Lebih sering, orang menggambarkan timbulnya flu seolah-olah mereka "ditabrak truk." Awalnya merasa baik-baik saja, tiba-tiba, satu jam kemudian, kamu merasa sulit untuk bergerak. Gejala akan membaik seiring berjalannya hari, tetapi kamu mungkin masih dapat menularkan.


(Flu memiliki gejala yang hampir serupa dengan pilek, hanya lebih berat. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Bagaimana flu menyebar?

Sebagaimana dilansir dari Verywell Health, influenza menyebar melalui droplet, yang berarti jika seseorang batuk, bersin, atau terkena droplet dari sistem pernapasannya ke apa pun itu dapat menyebar ke orang lain. Apalagi pada bulan-bulan musim hujan, flu menyebar dengan cepat.

Berikut adalah tiga cara paling umum virus flu bisa menular ke orang lain:


1. Berdekatan dengan penderita

2. Kontak fisik dengan penderita

3. Menyentuh permukaan benda yang terpapar virus
 

Jika sakit flu, sebaiknya...

Tinggallah di rumah sampai setidaknya 24 jam setelah demam hilang. Jika sudah tidak demam tetapi masih memiliki gejala, tunggu sampai gejala membaik dan setidaknya sudah empat sampai lima hari sejak mulai merasa sakit.

Kebanyakan orang tahu mereka harus tinggal di rumah ketika sakit flu. Dan saat terkena flu, kamu bisa melakukan:

- Sering-seringlah mencuci tangan, dan pastikan orang-orang yang bersentuhan dengan kamu melakukan hal yang sama

- Tutupi bila batuk dan hindari berada di sekitar orang-orang yang berisiko tinggi mengalami komplikasi serius akibat flu

- Humidifier, menjalankan pelembap udara di rumah selama musim hujan dapat membantu menjaga saluran hidung tetap lembap. Meskipun tidak ada jaminan bahwa ini akan mencegah dari sakit, tidak ada salahnya dicoba

- Obat antivirus, bila mengalami komplikasi dari flu dan kamu terpapar, bicarakan dengan dokter tentang penggunaan obat antivirus. Ini dapat membantu mencegah influenza pada beberapa orang dan akan mengurangi keparahan gejala pada mereka yang mendapatkannya

- Mengonsumsi vitamin C untuk daya tahan tubuh

- Satu lagi, kamu bisa melakukan vaksinasi influenza. Jika divaksinasi flu, tubuh akan memiliki kesempatan untuk melawannya sebelum menyebar di tubuh dan tidak menularkannya kepada orang lain.

(yyy)

MOST SEARCH