FITNESS & HEALTH

Waspada, Kolesterol Tinggi Bisa Menyebabkan Berbagai Masalah Kesehatan

Raka Lestari
Sabtu 12 Maret 2022 / 15:18
Jakarta: Tingkat kolesterol yang tinggi pada tubuh bisa menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya. Jika tidak ditangani dengan benar, kolesterol yang tinggi tersebut bisa mengancam jiwa. Untuk itu, rutin mengecek kolesterol dalam tubuh bisa menjadi cara untuk mencegah terjadinya kolesterol tinggi yang tidak terkontrol.

Dikutip dari WebMD, berikut ini adalah berbagai kondisi kesehatan yang berkaitan dengan kolesterol:
 

1. Penyakit jantung koroner


Risiko utama dari kolesterol tinggi adalah penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner ini dapat menyebabkan kematian akibat serangan jantung.

Jika kadar kolesterol tubuh terlalu tinggi, kolesterol dapat menumpuk di dinding arteri. Seiring waktu, penumpukan ini menyebabkan pengerasan arteri, atau aterosklerosis.

Arteri dapat menyempit di area tertentu (penyempitan fokal) dan memperlambat aliran darah ke bagian otot jantung. Atau plak kolesterol pecah dan mengapung ke pembuluh darah yang lebih kecil dan menyebabkan penyumbatan sebagian atau total.
 

2. Stroke


Plak kolesterol tidak hanya melapisi pembuluh darah di dalam dan di sekitar jantung, tetapi juga mempersempit arteri tertentu yang mengarah ke otak. Jika pembuluh yang membawa darah ke otak tersumbat sepenuhnya, maka seseorang bisa terkena stroke.
 

3. Diabetes


Diabetes dapat mengganggu keseimbangan antara kadar HDL atau kolesterol "baik" dan LDL atau kolesterol "jahat". Penderita diabetes cenderung memiliki partikel LDL yang menempel pada arteri dan merusak dinding pembuluh darah dengan lebih mudah.

LDL yang dilapisi gula tetap berada dalam aliran darah lebih lama dan dapat membantu pembentukan plak. Orang dengan diabetes, terutama diabetes tipe 2, dapat memiliki kadar HDL yang rendah dan trigliserida yang tinggi (jenis lain dari lemak darah). Kedua hal ini meningkatkan risiko penyakit jantung dan arteri.
 

4. Tekanan darah tinggi


Kolesterol tinggi tampaknya memicu peradangan dan pelepasan hormon tertentu yang menyebabkan pembuluh darah mengencang atau "menyempit" sehingga meningkatkan tekanan darah. Dokter menyebutnya “disfungsi endotel” ketika pembuluh darah berperilaku seperti ini. Tekanan darah tinggi juga terkait dengan penyakit jantung.
 

5. Disfungsi ereksi


Dalam jangka panjang, kolesterol tinggi tampaknya memicu penyempitan pembuluh darah kecil penis ketika seharusnya meregang untuk memungkinkan lebih banyak darah untuk ereksi. Ketika seseorang memiliki terlalu banyak kolesterol LDL, dapat menumpuk di arteri dan kemudian bergabung dengan zat lain untuk membentuk plak yang mengeras dan mempersempit pembuluh darah. Hasilnya bisa lebih sedikit aliran darah ke jantung dan penis, yang dapat menyebabkan disfungsi ereksi.
(FIR)

MOST SEARCH