End Google Analytics -->
FITNESS & HEALTH

Pusar Gatal? Inilah 6 Masalah yang Ingin Diberitahukan Tubuhmu

Mia Vale
Senin 02 Januari 2023 / 10:05
Jakarta: Gatal bisa terjadi di bagian tubuh mana saja. Entah di kaki, tangan, kepala, atau bahkan di ketiak. Namun bagaimana bila yang gatal itu bagian pusar, tentu sedikit sulit untuk menggaruknya. Kamu mungkin pernah mengalami pusar gatal dan juga bau saat digaruk. Hal ini mungkin disebankan oleh kotoran yang menumpuk dan kurang menjadi perhatian sehari-hari.

Perlu diketahui, pusar yang gatal bisa disebabkan oleh beberapa hal. Kebanyakan dari mereka bukan masalah besar dan dapat dikelola di rumah atau dengan kunjungan singkat ke dokter kulit. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab pusar gatal dan apa yang harus dilakukan untuk meredakannya.
 

1. Mengalami infeksi ragi


Jika memiliki ruam merah terang di sekitar pusar yang terasa gatal, bengkak, atau bahkan mengeluarkan sedikit cairan putih, kamu mungkin mengalami infeksi jamur. Meskipun ragi dapat berkembang di mana saja di kulit, ia cenderung tumbuh subur di area yang hangat dan lembap, seperti lipatan kulit di sekitar pusar, menurut Klinik Cleveland. 

Dan bila tidak berbau, itu normal. Jika mengalami infeksi jamur berulang, mungkin karena kondisi kesehatan yang mendasarinya seperti gula darah tinggi atau penggunaan antibiotik yang sering. Bicaralah dengan dokter kamu tentang kemungkinan penyebab dan pengobatan.
 

2. Memiliki eksem


Merupakan kondisi kulit yang menyebabkan bercak merah, gatal, dan bengkak. Dan paling sering menyerang lengan juga kaki. Pun bisa memengaruhi pusar. "Eksem di area ini dapat terjadi akibat iritasi pada kulit yang disebabkan oleh gesekan yang sering," tandas Marisa Garshick, MD, asisten profesor klinis dermatologi di Cornell-New York Presbyterian Medical Center.


(Iritasi yang paling umum adalah nikel ini disebabkan oleh kancing celana biasanya terbuat dari nikel dan dapat menimbulkan ruam bulat saat menyentuh kulit. Foto: Ilustrasi/Dok. Freepik.com)
 

3. Mengalami dermatitis kontak


Dermatitis kontak merupakan bahasa dokter kulit untuk ruam merah dan gatal yang berkembang setelah kulit terpapar bahan iritan. Iritasi dapat berupa sabun baru, detergen, produk perawatan pribadi, atau tanaman seperti poison ivy atau oak. 

Tapi, ketika gatal terasa di pusar, iritasi yang paling umum adalah nikel. "Kancing celana biasanya terbuat dari nikel, dan dapat menimbulkan ruam bulat saat menyentuh kulit," ujar Jennifer Gordon, MD, dokter kulit bersertifikat dengan Westlake Dermatology di Austin, Texas.
 

4. Digigit serangga


Jika terdapat benjolan bengkak kemerahan di dalam pusar dan sangat gatal, ada kemungkinan besar telah terjadi gigitan serangga. Ya, melansir dari Live Strong, bagi kebanyakan orang, gigitan nyamuk hanyalah gangguan. Tetapi bagi yang lain, gigitan ringan pun dapat menyebabkan gatal-gatal 
 

5. Memiliki Intertrigo


Menurut Klinik Cleveland terkadang ruam yang gatal dan terbakar disebabkan oleh kondisi peradangan yang disebut intertrigo. Intertrigo dapat terjadi ketika kulit teriritasi oleh panas, kelembapan, atau gesekan kulit.

Seperti infeksi jamur, ia cenderung tumbuh subur di bagian tubuh yang hangat dan lembap, seperti pusar. Jika tidak diobati, intertrigo bahkan dapat berubah menjadi infeksi jamur, menurut National Library of Medicine.
 

6. Memiliki kista


Kista, benjolan kecil dan jinak di bawah kulit dapat terbentuk di mana saja di tubuh, termasuk di pusar. Mereka tidak selalu mengganggu, tetapi kadang-kadang, mereka dapat mengeluarkan cairan yang kental, kuning atau berbau, atau menjadi merah atau gatal saat terinfeksi. Cobalah untuk menghindari memetik atau mengeluarkan kista sendiri, yang dapat menyebabkan infeksi jika tidak dibersihkan dengan benar.

Waspada bila gatal berlangsung lebih dari dua minggu, mengalihkan perhatian dari aktivitas normal dan memengaruhi bagian lain dari tubuh, kamu mungkin harus menemui dokter kulit.

Dan jika gatal datang dengan gejala yang lebih buruk, seperti penurunan berat badan, demam, keringat malam atau luka terbuka, ini mungkin mengindikasikan masalah yang lebih serius. Dalam hal ini, dokter kamu dapat mendiagnosis dan menangani masalah dengan benar.
(TIN)

MOST SEARCH