End Google Analytics -->
FITNESS & HEALTH

Musim Hujan, Ini Tips agar Terhindar dari Penyakit DBD

Medcom
Rabu 04 Januari 2023 / 12:20
Jakarta: Indonesia sekarang ini tengah dilanda hujan terus-menerus. Kondisi ini memicu hadirnya beberapa penyakit. Salah satunya adalah demam berdarah atau yang kita kenal dengan sebutan DBD.

Demam berdarah menjadi salah satu ancaman utama kesehatan masyarakat di dunia. Terlebih Indonesia yang merupakan negara tropis menjadi daerah yang seringkali terdampak penyakit ini.

Vektor paling dominan untuk terkena demam berdarah disebabkan oleh nyamuk jenis Aedes aegypti. Nyamuk ini biasa ditemukan pada daerah urban dan senang berada di dalam rumah.

Aedes albopictus juga bisa menyebabkan demam berdarah yang biasa ditemukan pada daerah rurai dan tidak terlalu senang di dalam rumah. Nyamuk jenis ini memilih lingkungan yang reseptif sesuai dengan suhu, kelembapan, curah hujan, dan juga tempat perkembangbiakan seperti air tergenang.

Demam berdarah tidak memandang umur. Bukan hanya anak-anak, dewasa juga bisa mengalaminya. Terlebih, menurut dr. Erni Juwita Nelwan, PhD, SpPD, K-PTI yang merupakan Dokter Spesialis Penyakit Dalam, DBD tidak dapat diuji hanya dengan gejala demam saja.

Kebiasaan-kebiasaan buruk bisa membuat seseorang terkena DBD, seperti lingkungan yang kotor, terlalu menumpukkan pakaian, dan juga tidak memupuk atau mengubur barang bekas ke dalam tanah.

Kamu bisa melakukan kegiatan-kegiatan ini untuk mencegah kehadiran nyamuk yang bisa buat terjangkit DBD. Adapun kegiatannya, antara lain:

1. Memasang kasa ataupun jaring anti nyamuk di ventilasi, baik pada ventilasi pintu ataupun jendela rumah, agar nyamuk dari luar tidak masuk ke rumah.

2. Memasang kelambu untuk mencegah nyamuk menyelinap masuk pada senja hari, yaitu ketika nyamuk mulai keluar.

3. Lindungi diri dengan lotion ataupun krim anti nyamuk, jika perlu, bawa ke mana pun pergi.

4. Rajin menguras bak mandi atau ember penampungan air seminggu sekali. Hal ini karena bisa menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk, karena nyamuk aedes aegypti bisa bertelur di bak.

5. Membersihkan seluruh wadah yang menampung air untuk memutus siklus nyamuk seperti dispenser, pot bunga air, dan lainnya.

Sebagai perlindungan lebih optimal, masyarakat bisa menerapkan 3M Plus dalam melakukan pencegahan dari demam berdarah yang bisa saja menyerang anggota keluarga mereka. Adapun aktivitas 3M Plus yang harus dilakukan:

- Intervensi lingkungan, di mana harus selalu melakukan pengecekan lingkungan agar tidak terjadi hal-hal yang menjadi tempat sarang nyamuk.

- Kontrol kimia, di mana harus menggunakan bahan kimia secukupnya untuk membersihkan hal-hal yang menjadi sarang nyamuk.

- Kontrol perilaku, yaitu harus selalu melakukan apa yang telah diimbau agar rumah terhindar dari kumpulan sarang nyamuk.

- Vaksinasi, yaitu mengikuti program vaksin agar mendapatkan antibodi dari penyakit demam berdarah ini.

Aulia Putriningtias
(FIR)

MOST SEARCH