FITNESS & HEALTH

7 Makanan Super untuk Tulangmu

Mia Vale
Kamis 21 Oktober 2021 / 17:44
Jakarta: Tubuh memerlukan kalsium yang cukup untuk menjaga kesehatan tulang dan vitamin D untuk membantu tubuh menyerap kalsium. Bila kesehatan tulang buruk, rakhitis, osteoporosis, dan risiko patah tulang akibat jatuh, bisa terjadi di kemudian hari. 

Kalsium dalam tubuh manusia lebih banyak jumlahnya dibandingkan jenis mineral lainnya. Untuk itu, seperti yang telah dilansir dari WebMD, agar tulang tetap kuat, diperlukan makanan agar dapat menunjang terpenuhinya kalsium yang diperlukan tiap harinya. Berikut makanan yang dapat membuat tulangmu tidak keropos.
 

1. Sayuran berdaun hijau gelap


Mengonsumsi asupan yang mengandung kalsium, baik bagi tulang. Dan itu semua bisa didapatkan dari sayuran, terutama yang berdaun gelap. Apa saja? Ada, kangkung, sawi hijau, bayam, atau bok choy atau pakcoy. Vitamin K yang terdapat pada sayur dapat megurangi osteoporosis. 

Bayangkan, untuk satu cangkir (132 gram) daun bayam yang sudah dimasak bisa mengandung kalsium setara 28 persen kebutuhan kalsium harian. Selain itu, vitamin A dan C pada bayam juga baik untuk menunjang kerja organ lainnya. 
 

2. Kentang 


Dua nutrisi yang kurang dikenal tapi membantu menjaga kesehatan tulang adalah magnesium dan potasium. Jika kekurangan magnesium, bsia memiliki masalah dengan keseimbangan vitamin D dana dapat memengaruhi kesehatan tulang

Sedangkan kalium, menetralkan asam dalam tubuh yang dapat mengeluarkan kalsium dari tulang. Dan salah satu cara lezat untuk mendapatkan kedua nutrisi itu adalah mengonsumsi kentang panggang tanpa garam.
 

3. Salmon


Salmon dan jenis ikan berlemak lainnya menawarkan berbagai nutrisi penguat tulang. Mereka mengandung vitamin D, yang membantu tubuh menggunakan kalsium, dan asam lemak omega-3, yang juga dapat membantu tulang. 


makanan untuk kesehatan tulang
(Dalam 100 gram kacang almond panggang, mengandung nutrisi 20 gram protein, 16 gram karbohidrat, 11 gram serat. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

4. Almond


Dari semua jenis kacang-kacangan, almond memiliki jumlah kalsium tertinggi. Dalam satu ons kacang almond bisa menghasilkan delapan persen kebutuhan kalsium harian. Selain kacang almond yang dibuat mentega mengandung 111 miligram kalsium dalam setiap dua sendok makan. 

Kacang almong juga menganduh potasium 240 miligram setiap dua sendok makan. Ini berguna untuk mendukung dalam membangun tulang yang kuat. 
 

5. Susu


Semua tentu sudah tahu kalau susu sangat baik bagi tulang. Secara alami, susu sapi mengandung banyak nutrisi, termasuk kalsium, vitamin D, fosfor, dan riboflavin. Susu kambing pun bisa menjadi sumber kalsium dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang.
 

6. Buah plum


Plum ini bisa dikonsumsi langsung, atau biasanya juga kerap diolah dengan cara dikeringkan. Buah plum mengandung boron yang penting untuk menjaga kepadatan tulang dan kesehatan tulang. Bahkan, plum berpotensi untuk membalikkan pengeroposan tulang yang telah terjadi. 
 

7. Tahu


Fakta menyatakan, tahu merupakan pembangkit tenaga nutrisi. Setengah cangkir tahu yang diperkaya kalsium mengandung lebih dari 860 miligram kalsium. Tahu juga memiliki manfaat pembentukan tulang lainnya. 

Penelitian menunjukkan bahwa isoflavon, yang berlimpah dalam tahu, dapat membuat kedelai berguna dalam menangkal penyakit tulang pada wanita setelah menopause. 

Yang harus diperhatikan, kamu sebaiknya bisa mendapatkan semua nutrisi yng dibutuhkan untuk kesehatan tulang. Untuk itu, diperlukan makan makanan yang seimbang. Selain itu, olahraga yag cukup juga diperlukan guna menghindari faktor risiko tertentu untuk osteoporosis.
(TIN)

MOST SEARCH