FITNESS & HEALTH

Waspada Retak Tulang pada Lansia

Kumara Anggita
Minggu 18 Juli 2021 / 09:00
Jakarta: Patah tulang bisa terjadi pada siapa saja dan ini akan lebih mudah terjadi pada orang tua atau lansia yang mengidap osteoporosis. Tahun lalu misalnya, Presiden terpilih Joseph R. Biden Jr. mengalami cedera pergelangan kaki saat bermain dengan salah satu anjingnya.

Mengutip dari The New York Times, dokter yang memeriksa Biden menyebutkan bahwa Biden mengakibatkan retak kecil (setipis rambut) di kakinya yang mengharuskan dia untuk memakai sepatu bot untuk berjalan beberapa minggu.

Meskipun sinar-X awal tidak menunjukkan fraktur yang jelas, "CT scan lanjutan mengonfirmasi fraktur yang tipis (setebal rambut) pada tulang lateral cuneiform dan intermediate cuneiform Presiden terpilih Biden, yang berada di bagian tengah kaki," ujar Dr Kevin O'Connor, direktur kedokteran eksekutif di GW Medical Faculty Associates.
 

Fraktur setipis rambut 


Hairline (Stress) Fracture atau sederhananya fraktur yang tipis seperti rambut (kecil sekalir) adalah retakan kecil atau memar parah di dalam tulang.

Cedera fraktur ini paling sering terjadi pada atlet, terutama atlet olahraga yang melibatkan lari dan lompat. Orang dengan osteoporosis juga dapat mengalami patah tulang garis rambut.

Fraktur setipis rambut sering kali disebabkan oleh penggunaan yang berlebihan atau tindakan berulang ketika kerusakan mikroskopis terjadi pada tulang dari waktu ke waktu.

Ini terjadi karena kamu tidak memberikan waktu yang cukup untuk memulihkan diri. Kamu sudah melakukan aktivitas kembali dan akhirnya kamu jadi cedera.


fraktur
(Insiden Biden dengan cedera fraktur sempat membuatnya menggunakan beberapa minggu sepatu bot khusus. Foto: Dok. Politico)


Tulang kaki dan tungkai sangat rentan terhadap retak tulang seperti ini. Tulang-tulang ini menyerap banyak tekanan saat berlari dan melompat.

Di bagian kaki, metatarsal kedua dan ketiga juga paling sering terkena. Ini karena mereka adalah tulang tipis dan titik benturan saat mendorong kaki kamu untuk berlari atau melompat. Keretakan tipis ini juga umum terjadi di tumit, tulang pergelangan kaki navicular, dan tulang di bagian atas kaki tengah.
 

Perawatan medis


Dokter mungkin menyarankan agar kamu menggunakan kruk untuk menjaga beban dari kaki atau tungkai yang cedera. Kamu juga bisa memakai alas kaki pelindung atau gips.

Karena biasanya membutuhkan waktu hingga enam hingga delapan minggu untuk sembuh total dari retak ini, penting untuk mengubah aktivitas kamu sehari-hari. Bersepeda dan berenang adalah alternatif yang bagus untuk latihan.

Beberapa fraktur tipis ini memerlukan pembedahan, di mana tulang didukung dengan penambahan sejenis pengikat menggunakan pin atau sekrup untuk menyatukan tulang selama proses penyembuhan.
 

Risiko fraktur setipis rambut 


Dalam kasus yang jarang terjadi, retak ini bisa tidak sembuh dengan baik. Hal ini menyebabkan nyeri kronis jangka panjang. Penting untuk berbicara dengan dokter kamu untuk mencegah rasa sakit dan cedera yang semakin parah.
(TIN)

MOST SEARCH