FITNESS & HEALTH

Air Purifier Vs Humidifier: Manakah yang Lebih Baik untuk Penyakit Asma?

Raka Lestari
Minggu 19 September 2021 / 07:00
Jakarta: Bagi seseorang yang memiliki asma, perubahan musim bisa menyebabkan tantangan baru. Beberapa orang yang memiliki asma, mungkin akan mengalami kambuhnya gejala ketika perubabahan musim. Dan hal ini, tentunya sangat membuat tidak nyaman. 

Dan alat untuk membantu pernapasan, seperti air purifier serta humidifier dipercaya bisa membantu seseorang yang memiliki asma.

Jika kamu memiliki asma, mungkin ini waktunya untuk menginvestasikan uangmu untuk membeli air purifier.

Menurut BlueAir, polusi udara dan asma sangat berkaitan. Itu berarti, air purifier sekalipun dalam bentuk portable merupakan cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan gejala asma.
 

Air purifier terbukti membantu meringankan gejala asma


Jika kamu sedang mencari cara yang paling efektif untuk membantu memerangi gejala asma, tampaknya air purifier adalah cara yang tepat. 

Menurut GoodRx, "Filter udara bekerja untuk meringankan gejala asma dan COPD dengan mengurangi jumlah partikel yang mengiritasi di udara yang disebabkan oleh asap, hewan peliharaan, serbuk sari, dan iritan lainnya."

Semua hal disebutkan tersebut dapat memicu asma. Meskipun kamu tidak selalu dapat menghentikan pemicu asma yang berasal dari luar ruangan, kamu tetap bisa mencegahnya dari pemicu yang ditemukan di dalam ruangan.


purifier
(Menurut GoodRx air purifier dengan fitur HEPA Filter dianggap sebagai pilihan terbaik bagi mereka yang menderita asma. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 


Ketika mengalami serangan asma, memang sebaiknya harus selalu berkonsultasi dengan dokter. Namun, membeli air purifier adalah cara yang cukup sederhana untuk membantu memerangi alergen yang ada di rumah.

Sedangkan humidifier, berfungsi untuk memompa uap air dingin atau hangat ke udara untuk membuatnya lebih nyaman untuk bernapas. 

Menurut Healthline, kenyataannya humidifier dapat memperburuk gejala asma, terutama jika kamu tidak merawat mesinnya. 

Jika tidak dirawat dan dibersihkan, humidifier dapat menjadi rumah bagi berbagai bakteri dan jamur.
 

Air purifier tidak selalu mahal 


Air purifier dengan fitur HEPA Filter dianggap sebagai pilihan terbaik bagi mereka yang menderita asma. 

GoodRx menyebutkan, "Filter HEPA populer karena dapat menangkap partikel sekecil 0,3 mikron, membersihkan udara dari 99,7 persen alergen yang melewatinya." 

Dengan begitu, air purifier dapat menangkap banyak hal dan menjaga udara di rumah tetap bersih.
(TIN)

MOST SEARCH