FITNESS & HEALTH

Peringatan Stroke Mini, Kenali 5 Tanda dan yang Harus Dilakukan

Mia Vale
Minggu 18 September 2022 / 08:00
Jakarta: Stroke adalah peristiwa medis yang mengancam jiwa yang dapat menyebabkan kerusakan otak dan kecacatan jangka panjang.

Mencari perawatan segera dapat meningkatkan kemungkinan kamu atau orang yang dicintai menerima salah satu perawatan inovatif yang digunakan untuk mengobati stroke dan meminimalkan komplikasi. Ingat, selama stroke, setiap menit berarti!

Dari lima jenis stroke yang ada, salah satunya adalah serangan Iskemik Transien di mana mencakup sesuatu yang disebut "stroke mini" atau TIA (serangan iskemik transien). Ini adalah penyumbatan sementara dalam aliran darah ke otak. Sebelum terlambat, ada baiknya bila kamu mengetahui jenis stroke ini, sebagaimana telah dilansir dari CDC.
 

Menjadi penanda


Penyebab dan faktor risiko TIA sama seperti pada stroke iskemik. TIA terkadang bisa menjadi tanda peringatan bahwa seseorang akan segera mengalami stroke iskemik. Jangan mengambil risiko jika kamu atau seseorang yang dikenal memiliki gejala yang tampak seperti stroke. Dapatkan bantuan medis dengan cepat.


(Serangan seperti stroke yang, walaupun sembuh dalam beberapa menit hingga jam, masih membutuhkan penanganan medis segera untuk membedakannya dari stroke yang sebenarnya. Foto: Ilustrasi/Freepik.com)
 

Kenali gejala stroke mini


Gejala TIA biasanya berlangsung hanya beberapa menit atau mungkin hilang dalam 24 jam. Gejala yang ditimbulkan pun mungkin mirip dengan stroke iskemik, yakni:

- Tiba-tiba mati rasa atau lemas di wajah, lengan, atau kaki, terutama di satu sisi tubuh
- Kebingungan tiba-tiba, kesulitan berbicara, atau kesulitan memahami pembicaraan
- Tiba-tiba kesulitan melihat pada satu atau kedua mata
- Tiba-tiba kesulitan berjalan, pusing, kehilangan keseimbangan, atau kurang koordinasi
- Sakit kepala parah yang tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya
 

Mengidentifikasi stroke mini

 
Perawatan stroke yang bekerja paling baik hanya tersedia jika stroke dikenali dan didiagnosis dalam waktu tiga jam dari gejala pertama. Pasien stroke mungkin tidak memenuhi syarat untuk ini jika mereka tidak tiba di rumah sakit tepat waktu.  

Jika kamu berpikir seseorang mungkin mengalami stroke, bertindaklah F.A.S.T. dan lakukan tes berikut:

F—Wajah: Minta orang itu untuk tersenyum. Apakah satu sisi wajah terkulai?
A—Lengan: Minta orang tersebut untuk mengangkat kedua tangannya. Apakah satu lengan melayang ke bawah?
S—Ucapan: Minta orang tersebut untuk mengulangi frasa sederhana. Apakah bicaranya cadel atau aneh?
T—Waktu: Jika kamu melihat tanda-tanda ini, segera hubungi dokter atau layanan kesehatan lainnya

Catat waktu ketika gejala pertama kali muncul. Informasi ini membantu penyedia layanan kesehatan menentukan pengobatan terbaik untuk setiap orang. Segera hubungi dokter atau ambulans sehingga tenaga medis dapat memulai perawatan yang menyelamatkan jiwa dalam perjalanan ke ruang gawat darurat. Jangan lupa beri tahu tim perawatan kesehatan tentang gejalanya.

Bila gejala stroke hilang setelah beberapa menit, ada mungkin mengalami serangan iskemik transien (TIA). Meski singkat, TIA adalah tanda kondisi serius yang tidak akan hilang tanpa bantuan medis. Sayangnya, banyak orang mengabaikannya. Ingat, memerhatikan TIA dapat menyelamatkan hidup.

(TIN)

MOST SEARCH