FITNESS & HEALTH

7 Pengobatan Sakit Gigi di Rumah

Sunnaholomi Halakrispen
Rabu 14 Oktober 2020 / 16:10
Jakarta: Ketika kepala terasa berdebar-debar, gusi berdenyut-denyut, dan mulut sakit, kemungkinan gigi kamu sedang bergejolak atau sakit gigi. Maka, segeralah temui dokter gigi. Namun jika kamu masih khawatir dengan adanya pandemi, kamu bisa kok melakukan upaya pengobatan di rumah.

Berikut 7 pengobatan rumahan untuk mendapatkan bantuan jangka pendek dari sakit gigi, dikutip dari WebMD:
 

1. Bilas air garam


Sampai kamu bisa pergi ke dokter gigi, salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan adalah memasukkan air asin atau air garam hangat di sekitar mulutmu. Caranya, campurkan setengah sendok teh garam meja dengan 250 ml air.

Kemudian, gunakan untuk kumur-kumur dan buang. Jangan ditelan. Kamu juga bisa membersihkan gigi yang sakit dengan benang gigi untuk menghilangkan sisa makanan yang mungkin tersangkut.
 

2. Pembilasan hidrogen peroksida


Sebagai pengganti air asin, bilas dengan larutan hidrogen peroksida dan air bagian yang sama. Bilas bersih dan keluarkan. Jangan menelan hidrogen peroksida.
 

3. Pereda nyeri


Dokter gigi menyarankan asetaminofen untuk anak-anak. Untuk orang dewasa, pilih obat yang dijual bebas seperti paracetamol, ibuprofen, dan naproxen. Obat-obat ini ampuh untuk mengurangi rasa sakit gigi.
 

4. Kompres dingin


Jika wajahmu di bagian pipi bengkak, letakkan kompres es di pipimu. Cara ini dapat membantu meringankan rasa sakit, terutama jika gigi kamu patah atau tanggalnya lepas.

Pembengkakan juga bisa berarti kamu mengalami abses, kantung nanah, dan kotoran jauh di dalam akar gigi. Hal ini dapat menyebabkan infeksi serius pada rahang dan gigi lainnya. Tanda-tandanya meliputi demam dan gusi merah.
 

5. Anestesi OTC


Oleskan gel dan cairan pereda nyeri ini langsung ke gigi yang sakit dan gusi di sekitarnya. Bahan ini mengandung benzokain, yang akan membuat mulutmu mati rasa sebentar. Akan tetapi, kondisi itu dimaksudkan untuk penggunaan jangka pendek saja.
 

6. Es batu


Taruh es di tanganmu, di sisi tubuh yang sama dengan gigi yang sakit. Kemudian, gosokkan es di antara ibu jari dan telunjuk selama 7 menit, atau sampai area tersebut mati rasa. Mengapa cara ini berhasil? Sebab, para peneliti percaya es menghentikan sinyal rasa sakit ke otakmu.
 

7. Minyak cengkeh


Obat alami ini dapat menghilangkan rasa sakit. Gosokkan langsung di area yang sakit, atau rendam bola kapas dan oleskan ke gigi dan gusi. Ini mungkin sama efektifnya dengan benzokain, bahan yang membuat mati rasa dalam gel sakit gigi yang dijual bebas.
(FIR)

MOST SEARCH