FAMILY

Jangan Asal Kasih, Ini Tanda Bayi Siap MPASI

A. Firdaus
Rabu 14 September 2022 / 19:41
Jakarta: Memasuki usia 6 bulan ke atas, bayi membutuhkan tambahan kalori yang harus diisi dari makanan padat atau bisa disebut juga Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). Seiring bertambahnya usia, makanan padat yang dibutuhkan semakin banyak, lantaran banyaknya kebutuhan kalori bayi.

"Saat 6 bulan bayi membutuhkan 70 persen ASI dan 30 persen makanan pendamping. Memasuki usia 9 bulan mulai 50:50. Kemudian saat 12 bulan, ternyata 70 % harus diberikan makanan padat (MPASI), dan 30 % ASI," ujar dr. Reza Abdussalam saat Modernparent yang digelar Mothercare dan Beaba, Rabu 14 September.

Berdasarkan sumber dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) bayi memberikan tanda-tanda berbeda dilihat dari usianya. Seperti saat 0-6 bulan, bayi bisa merespon membuka mulut saat sendok didekatkan dan dapat memindahkan makanan dari sendok ke mulut.

"Untuk asupan yang dibutuhkan di usia ini adalah energi dan nutrisi yang seluruhnya diperoleh dari ASI," kata dr. Reza.

Sementara pada saat 6-9 bulan, makanan yang bisa diberikan makanan peralihan masa adaptasi, karena bayi mulai tumbuh gigi. Bayi juga dapat memindahkan makanan dari satu sisi mulut ke sisi lainnya. Ada juga yang dapat menelan makanan dengan tekstur yang lebih kental.

"Takaran pemberian makanan pendamping sekira 3 sendok makan hingga setengah mangkuk 250 ml," terang dr. Reza yang berpraktek di RS Brawijaya Antasari ini.

Memasuki usia 9-12 bulan, bayi akan mampu merapatkan bibir ketika disuapi untuk membersihkan sisa makanan di sendok. Kemudian ia juga menggigit makanan dengan tekstur lebih keras, sejalan dengan tumbuhnya gigi. Untuk takarannya setengah mangkuk ukurang 250 ml.

Saat 12-23 bulan, bayi mulai beradaptasi dengan bermacam tekstur makanan, meski ia belum sempurna mengunyahnya. Biasanya, bayi juga beradaptasi dengan segala menu, termasuk makanan keluarga. Takarannya sekira 3/4 hingga satu mangkuk penuh berukuran 250 ml.

Kemudian untuk pemberian MPASI, selain di atas 6 bulan ada beberapa indikasi atau tanda bahwa bayi siap untuk diberikan makanan pendamping.

"Saya sarankan para orang tua jangan terburu-buru majuin memberikan MPASI, tapi upayakan konsultasi ke dokter untuk meyakinkan apakah anak saya bisa dapat MPASI lebih awal atau tidak," ujar dr. Reza.

Indikasi yang paling penting adalah kenaikan berat badan, apakah mencapai target yang ditentukan atau tidak. Jika iya dan anaknya ada indikasi tersebut boleh diberikan, walau harus tertuju pada patokan tanda berikut ini:
 

1. Tanda fisik


Anak dapat duduk dengan leher tegak dan mengangkat kepalanya sendiri tanpa memerlukan bantuan.

"Kalau belum bisa duduk, memang wajar karena usia seperti masih dibantu untuk duduk. Akan tetapi yang dijadikan patokan adalah lehernya sudah bisa tegak. Kemudian anak refleks menutup mulut. Jika itu telah mereka lakukan, maka itu dianggap anak sudah siap diberikan makanan pendamping," ujar dr. Reza.
 

2. Ketertarikan pada makanan


Anak menunjukkan ketertarikan terhadap makanan. Misalnya mencoba meraih makanan yang ada di hadapannya.
 

3. Gelisah meski sudah diberi ASI


Anak menjadi lebih lapar, dan tetap menunjukan tanda lapar, seperti gelisah dan tidak tenang walaupun ibu sudah memberikan ASI secara rutin.
(FIR)

MOST SEARCH