FAMILY

Tips Menjaga Pola Tidur Anak saat Berpuasa

A. Firdaus
Rabu 06 April 2022 / 17:10
Jakarta: Ketika berpuasa, praktis pola tidurmu berubah, tak terkecuali dengan anak-anak. Jadi penting untuk kita bisa mengatur pola tidur si kecil yang berubah selama Ramadan.

Saat berpuasa, anak-anak pasti akan ikut bangun lebih dini untuk sahur. Tak seperti di waktu-waktu biasanya, praktis anak pun akan mengantuk pada pagi hari.

"Anak harus bangun lebih cepat ingin sahur, atau anak yang tidak berpuasa pun kadang-kadang ikut bangun. Yang mesti dilihat adalah waktu tidur dalam 24 jam," ujar dr. Kanya Ayu Sp.A dokter spesialis anak dalam peluncuran Redoxon Kids.

"Biasanya waktu tidur dalam sehari itu berapa jam, jadi bisa kita bagi-bagi, yang waktu sahur jadi tidurnya setelah sahur, nanti orang tua bisa membangunkan anak jam 8 pagi. Untuk tidurnya juga lebih cepat, sekitar jam 8 atau jam 9 agar bisa bangun sahur," terang dr. Kanya.

Akan terjadi pergeseran jam tidur, termasuk jam tidur siang anak. Untuk itu orang tua harus menjaga pola tidur anak-anak.

"Jika tidak diatur dengan baik, maka setelah puasa anak-anak akan mengalami pola tidur yang tak seimbang. Hal itu saya alami, di mana pasien yang datang biasanya curhat mengenai pola tidur anak usai berpuasa," terang dr. Kanya.

"Tapi pada prinsipnya adalah total tidur dalam 24 jam kita bagi-bagi, ada bed time 1 saat pagi, dan jam tidur malamnya jadi lebih maju agar tidak mengganggu perubahan tidur setelah bulan puasa selesai dan jadwal kesehariannya tidurnya berubah," pungkasnya.
(FIR)

MOST SEARCH