End Google Analytics -->
FAMILY

Overthinking ke Pacar, Simak Contoh dan Tips Agar Gak Gampang Curigaan

Medcom
Kamis 05 Januari 2023 / 11:08
Jakarta: Kata 'overthinking' rupanya sudah tidak asing lagi terutama bagi generasi muda saat ini. Overthinking bisa terjadi pada siapa pun dan kapan pun. Namun, apakah kamu sudah paham arti dari kata tersebut?

Pengertian overthinking


Dikutip dari laman resmi RSUD Wates, overthinking merupakan perilaku atau kebiasaan memikirkan sesuatu secara berlebihan. Overthinking membuat seseorang terlalu banyak merenungi masa lalu, mengkhawatirkan masa depan, dan memikirkan berbagai kemungkinan yang belum tentu akan benar-benar terjadi.

Pola berpikir yang berlebihan tersebut cenderung mengarah pada hal-hal negatif dan memiliki sifat berulang. Hal tersebut juga tidak disertai dengan proses penyelesaian masalah.

Tak bisa dimungkiri, overthinking terjadi karena salah satu pasangan mungkin memikirkan sesuatu yang belum tentu terjadi.

5 tanda pasangan sedang overthinking


Saat memiliki hubungan dengan pasangan, overthinking saat menjalin suatu hubungan sering kali membuat seseorang jatuh ke dalam masalah. Pernahkah kamu bertanya-tanya mengenai sikap mereka? 

Mengutip dari beberapa sumber, berikut tanda-tanda pasangan yang sedang overthinking:

1. Mengirim banyak pesan dan meminta agar segera dibalas


(Foto: Freepik.com)

Pasangan yang overthinking akan mengirimkan banyak pesan. Hal ini dilakukan agar pesannya segera dibalas dan akan marah atau kesal saat kamu terlambat meresponnya.

2. Selalu mencurigai seluruh aktivitas atau kesibukan yang kamu lakukan


(Foto: Freepik.com)

Pasangan yang overthinking dalam hubungan akan mencurigai seluruh kesibukan yang kamu lakukan. Ia akan memberikan pertanyaan-pertanyaan. Namun, jika jawabannya tidak membuat dirinya lega, hal tersebut akan memengaruhi suasana hati dan pikirannya.

3. Meminta seluruh akun serta password media sosialmu


(Foto: Pexels.com)

Overthinking juga bisa membuat pasangan menjadi posesif. Pasangan yang overthinking tidak segan untuk meminta kata sandi akun media sosialmu. 

Hal tersebut dilakukan untuk mencari tahu siapa saja yang berinteraksi denganmu dan apa saja yang kamu lakukan ketika sedang tidak bersamanya.

4. Melarangmu berinteraksi dengan temanmu yang lawan jenis


(Foto: Pexels.com)
 
Orang yang sedang overthinking cenderung akan menjadi lebih cemburu. Interaksimu dengan lawan jenis akan membuatnya berpikir yang tidak seharusnya.

5. Banyak menuntut


(Foto: Pexels.com)

Pasangan yang overthinking akan menuntut dan mengendalikan. Biasanya, ia akan berusaha mencegah hal-hal yang belum tentu terjadi dengan cara mengekangmu.

Tips agar tidak overthinking


Seperti yang sudah disebutkan di atas, overthinking juga dapat dicegah. Simak tiga tips berikut agar kamu ataupun pasanganmu tidak overthinking!

1. Mencari tahu akar permasalahannya


Mencari tahu akar permasalahan yang kemungkinan penyebabnya. Bisa jadi berasal dari trauma masa lalu, harga diri yang rendah, ataupun hilangnya rasa kepercayaan. 

2. Tumbuhkan rasa percaya


Di setiap hubungan diperlukan adanya rasa percaya satu dengan yang lain. Berusahalah untuk memercayai hal yang dikatakan pasangan jika mereka berbicara jujur kepadamu.

3. Diskusi


Komunikasi adalah kunci penting dari sebuah hubungan. Diskusikan kekhawatiranmu kepada pasangan. Hal tersebut juga dapat membuat hubungan lebih erat satu sama lain. (Vania Liu Trixie)

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
(UWA)

MOST SEARCH