FAMILY

Pada Kondisi seperti Apa Ibu Hamil tak Dianjurkan Berpuasa?

Raka Lestari
Jumat 08 April 2022 / 12:12
Jakarta: Ibu hamil pada dasarnya diperbolehkan berpuasa. Selama puasanya tersebut tidak menyebabkan gangguan pada kehamilannya tersebut. Namun, ada beberapa kondisi ibu hamil yang kurang disarankan untuk berpuasa, demi menjaga kesehatan dan kesejahteraan janinnya.

Menurut dr. Zeissa Rectifa Wismayanti, Sp.OG, dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang berpraktik di RS Pondok Indah – Bintaro Jaya, ada kondisi-kondisi di mana ibu hamil sebaiknya tidak perlu berpuasa. Di antaranya:
 

1. Hyperemesis gravidarum (mual muntah berlebih pada kehamilan)


Periode awal kehamilan ini merupakan masa sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin, karena di periode inilah organ janin mulai terbentuk. Ibu hamil perlu memenuhi kebutuhan nutrisi dengan baik guna menunjang tumbuh kembang janin.

Pada usia kehamilan awal ini juga banyak ibu hamil yang mengalami morning sickness atau hyperemesis gravidarum (mual muntah berlebihan). Pada kondisi ini pula, ibu hamil tidak dianjurkan untuk berpuasa.
 

2. Memiliki kadar hemoglobin yang rendah


Kadar hemoglobin yang rendah menunjukkan adanya risiko terjadinya anemia. Ibu hamil dengan anemia justru membutuhkan asupan protein dan zat besi untuk mendukung tumbuh kembang janin secara optimal.
 

3. Ibu hamil dengan diabetes


Berpuasa bagi penyandang diabetes saja memerlukan kiat khusus, apalagi bagi penyandang diabetes yang sedang hamil. Secara umum, berpuasa dapat meningkatkan risiko hipoglikemia atau turunnya kadar gula dalam darah.

Hal ini tentu berbahaya bagi kondisi kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Maka itu, ibu hamil dengan diabetes kurang dianjurkan untuk berpuasa.
 

4. Mengeluarkan flek atau perdarahan


Ketika mengalami flek atau perdarahan, ibu hamil sebaiknya tidak melanjutkan puasanya. Yang dikhawatirkan adalah jika perdarahan terjadi semakin parah, perkembangan dan kesehatan janin juga dapat terganggu.
 

5. Ibu hamil dengan gangguan sistem pencernaan


Dispepsia atau mag yang kerap dialami ibu hamil juga menjadi salah satu kondisi ibu hamil yang tidak disarankan untuk berpuasa. Apabila tetap memaksakan puasa, dikhawatirkan dapat memperparah kondisi gangguan pencernaan yang dialami.
(FIR)

MOST SEARCH