FAMILY

Tips Sukses Menerapkan Gaya Hidup yang Ramah Lingkungan, Dimulai dari Rumah

A. Firdaus
Jumat 11 Juni 2021 / 10:09
Jakarta: Memulai gaya hidup ramah lingkungan memang penting untuk dimulai dari diri sendiri. Hal itu dilontarkan oleh Ibu sekaligus pegiat Eco-Lifestyle, Agni Pratistha.

Seiring melesatnya penerapan gaya hidup yang ramah lingkungan, masyarakat bukan hanya harus memperhatikan apa yang dia jalani sehari-hari, seperti berolahraga atau mengonsumsi makanan yang sehat, tapi ditekankan juga terkait berbelanja produk.

Penting untuk kita memerhatikan produk-produk yang dibeli apakah juga harus ramah lingkungan. Untuk itu Agni membagi 3 tips untuk memulai gaya hidup yang lebih ramah lingkungan. Berikut di antaranya:
 

1. Berbelanja


Perhatikan rekam jejak perusahaan dan kepedulian terhadap lingkungan. Di era digitalisasi seperti saat ini, cukup dengan mencari di Google, kita bisa melihat rekam jejak dari brand yang kita pilih, apakah memiliki manfaat sosial dan komitmen pada kelestarian lingkungan.

"Pastikan juga sumber bahan baku yang digunakan pada produk berasal daru sumber yang bertanggung jawab," ujar Agni saat e-talkshow Kerjasama Unilever Indonesia dan Shoppee Indonesia ‘RumahBersih, Indonesia Lestari'.
 

2. Upcycle


Perhatikan barang-barang di sekitar yang tidak terpakai, dan manfaatkan untuk kebutuhan lain. Misal manfaatkan kardus bekas untuk mainan anak, atau penggunaan kembali kertas pembungkus kado.
 

3. Libatkan orang sekitar


Ajak pasangan, anak, juga asisten rumah tangga untuk bijak memilih produk dan mengelola sampah. Dimulai dari rumah, kebiasaan baik akan dapat berdampak pada lingkungan yang lebih berkelanjutan.
(FIR)

MOST SEARCH