FAMILY

Tips Mudik untuk Ibu Hamil agar Aman Selama Perjalanan

Mia Vale
Minggu 01 Mei 2022 / 08:00
Jakarta: Mudik tahun ini adalah momen yang sangat dinanti selama pandemi covid-19. Pemerintah pun sudah menerapkan syarat agar calon pemudik bisa pulang ke kampung halaman dengan aman dan tetap terjaga kesehatannya. Tak terkecuali ibu hamil yang harus diperhatikan kondisi tubuhnya saat memutuskan melakukan mudik. 

Mungkin para bumil (ibu hamil) mempunyai kekhawatiran tersendiri kala melakukan perjalanan jauh, termasuk untuk mudik Lebaran. Pada prinsipnya mudik saat hamil tetap bisa dilakukan dengan aman, asalkan bumil melakukan persiapan yang tepat. Berikut beberapa tips yang bisa menjadi perhatian bumil selama di perjalanan mudik. 
 

1. Sehat selama di perjalanan


Saat berencana mudik, cari tahu fasilitas kesehatan apa yang ada d tempat tujuan. Ini bertujuan bila suatu waktu bumil memerlukan perawatan medis yang mendesak. Jangan lupa membawa catatan medis kehamilan sehingga ketika berkunjung ke faskes setempat, dokter bisa melihat rekam medis kehamilanmu. 

Entah bumil mudik menggunakan mobil, keret api, bus, atau pesawat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti yang dilansir dari akun Instagram @bidankita dan berbagai sumber.


tips bumil mudik
(Jika ibu hamil mudik dengan menggunakan mobil, istirahat sejenak ketika di perjalanan, keluar dari mobil dan lakukan peregangan (stretching) agar peredaran tubuh menjadi lancar. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

2. Bila bumil mudik menggunakan mobil


- Bawalah makanan dan minuman ekstra untuk diperjalanan
- Bawa pula tas jinjing untuk menaruh perlengkapan agar mudah diambil
- Cari posisi duduk yang nyaman dan etakkan bantal secukupnya di belakang punggung, agar duduk terasa enak
- Istirahat sejenak ketika di perjalanan, keluar dari mobil dan lakukan peregangan (stretching) agar peredaran tubuh menjadi lancar
- ?Hindari menyetir sendiri selama perjalanan mudik
- ?Bila mudik menggunakan bus, carilah bus yang memiliki toilet
 

3. Mudik dengan kereta api


- Usahakan memesan tempat duduk yang dekat dengan toilet
- Siapkan bekal untuk di jalan
- Bila lelah, sesekali lakukan peregangan ringan. Misal, peregangan kaki cukup mudah dilakukan, angkat kaki dan tekuk ke arah perut kemudian luruskan ke depan (selonjor) lalu turunkan lagi. Ulangi pada kedua kaki selama beberapa kali.
 

4. Mudik dengan pesawat


- Duduklah di dekat gang/aisle agar kamu mudah keluar masuk saat ingin stretching atau ke toilet
- Usahakan tida di bandara jauh lebih awal agar kamu lebih santai saat melalui proses check in
- Beri tahu petugas di counter check-in bandara kalau kamu dalam keadaan hamil agar mereka dapat mempersiapkan kebutuhan kamu sebaik mungkin
- Pakaian yang longgar dan nyaman sangat disarankan, termasuk sepatu dan mengenakan compression stockings
- Sabuk pengaman dikenakan tepat di bawah perut dan selalu dipakai saat duduk
- Perbanyak minum air dan jus. Hindari minuman kopi dan teh yang cenderung akan menyebabkan dehidrasi
- ?Jangan melakukan penerbangan seorang diri

Bagaimana, sudah siap mudik? Semoga tips mudik aman untuk ibu hamil dapat bermanfaat buat kamu yang ingin melakukan perjalanan pulang kampung. Semoga selamat sampai tujuan, ya!

(TIN)

MOST SEARCH