FAMILY

5 Tips Relaksasi agar Tetap Tenang saat Mengalami Stres, Nomor 3 Wajib Dicoba

Yuni Yuli Yanti
Rabu 11 Mei 2022 / 10:00
Jakarta: Tubuh kita memang memiliki respons alami untuk melawan saat menghadapi situasi yang sulit. Tetapi, menempatkan respons ini secara berlebihan karena stres sehari-hari ternyata dapat memiliki efek buruk pada tubuh lho! 

Menurut dr. Sonal Anand, Psikiater dari Rumah Sakit Wockhardt, Mumbai ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantumu tetap tenang dan rileks, terutama dalam situasi stres. 

 

1. Latihan pernapasan

Mengutip dari HealthShots, dr. Anand mengatakan meditasi dan pernapasan memiliki banyak manfaat termasuk menjaga diri tetap tenang dalam situasi stres. "Kapan pun Anda merasa cemas, lakukan latihan pernapasan," sarannya. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

2. Dengarkan musik

Mendengarkan lagu favorit sambil menari ternyata dapat membuat pikiran dan tubuhmu tenang saat stres. Selain, menurunkan tingkat kortisol, cara ini juga akan memperlambat denyut nadi dan detak jantung sehingga menurunkan tekanan darah dan kadar hormon stres.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Jalan-jalan 

Dr. Anand menganjurkan jika kamu merasa cemas dan stres, jalan-jalanlah. Ini akan melepaskan endorfin (hormon bahagia) yang dapat merangsang relaksasi dan meningkatkan mood.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

4. Bicaralah dengan seseorang

Mengekspresikan kekhawatiran adalah cara terbaik untuk mendapatkan kelegaan karena terkadang percakapan yang ramah diperlukan untuk menghilangkan stres yang kamu rasakan.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

5. Bermain

Menurut dr. Anand, bermain adalah cara yang bagus untuk mengurangi stres. Tidak masalah jika kamu sendirian atau bersama seseorang, kamu dapat bermain game di luar ruangan atau bermain game di ponsel beberapa saat hingga kamu merasa tenang dan stabil. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
(yyy)

MOST SEARCH