FAMILY

Begini Contoh Kalimat Afirmasi yang Tepat untuk Anak

Yuni Yuli Yanti
Rabu 03 Agustus 2022 / 09:00
Jakarta: Pernahkah kamu mendengar nasihat yang mengatakan bahwa 'Kata-kata positif  dapat menunjang tumbuh kembang anak. Hal itu terbukti benar lho!

Dalam ilmu psikologi, kata-kata positif lebih dikenal dengan afirmasi positif. Afirmasi dapat diartikan sebagai kalimat atau pernyataan, untuk memengaruhi pikiran bawah sadar seseorang. Afirmasi ini akan membentuk perilaku, pola pikir, kebiasaan, dan lingkungan sekitar.

Afirmasi positif sering kali dijadikan cara untuk menguatkan batin dan menambah rasa percaya diri dengan menggunakan kata-kata.

Meski tergolong sederhana, namun kata afirmasi positif dianggap efektif membantu orang tua dan anak untuk menghindari pikiran negatif.

Afirmasi positif juga seperti motivasi dan memastikan bahwa anak didukung dan dicintai bagaimana pun keadaannya.

Namun sayangnya, tak sedikit orang tua yang bingung dengan kalimat dari afirmasi positif. Apa tidak cukup dengan kalimat, “Wah, hebat”, “Pinter deh!”?

Seorang psikolog, Audrey Susanto,M.Psi.,MSc.,Psi, dalam unggahan video di Instagramnya mengatakan komentar atau kalimat seperti itu sering kali berorientasi pada hasil yang anak dapatkan. Padahal, ketika anak tidak berhasil, bukan berarti ia menjadi seseorang yang gagal, melainkan ia tetap sudah berproses.


(Afirmasi positif juga seperti motivasi dan memastikan bahwa anak didukung dan dicintai bagaimana pun keadaannya. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


"Jadi kalau ibu mau berikan afirmasi kepada anak, coba sampaikan ke anak afirmasi mengenai kata sifat/kepribadian dan juga pujian atas proses yang telah ia lalui," tulis Audrey.  

Ia pun menambahkan yang nggak kalah pentingnya nih, afirmasi ternyata bisa banget dilatih untuk disampaikan setiap harinya.

"Jadi ketika anak sedang mengalami waktu sulit, ia bisa mempraktekkan afirmasi yang telah dipelajari bersama orang tuanya," tambahnya. 

Selain itu, untuk para orang tua yang masih bingung dengan kalimat afirmasi positif, Audrey memberikan contoh kalimat yang bisa digunakan, seperti:

"Abang selalu punya ide bagus."

"Bunda yakin sama kakak."

"Ibu bangga sama kaka yang mau terus berusaha."

"Bunda seneng menghabiskan waktu sama kamu."

"Kalo lihat kamu, ibu selalu senyum." 


(yyy)

MOST SEARCH