End Google Analytics -->
FAMILY

Hindari Displasia, M Shape Lebih Baik dari Gendong Tradisional

Medcom
Sabtu 14 Januari 2023 / 12:15
Jakarta: Cara menggendong bayi menjadi semakin populer seiring dengan meningkatnya minat pada Attachment Parenting. Posisi pinggul bayi yang tepat saat digendong sangat penting karena jangka waktu dan posisi untuk menggendong akan berpengaruh pada struktur tubuhnya.

Ketika posisi pinggul yang tepat dipertahankan saat menggendong, mungkin ada manfaat besar untuk perkembangan pinggul secara alami. M Shape adalah posisi menempel yang alami untuk bayi – juga dikenal sebagai posisi Joki atau Spread-Squat.

M Shape direkomendasikan sebagai kebiasaan sehat dengan paha menyebar di sekitar tubuh ibu dan pinggul ditekuk, sehingga lutut sedikit lebih tinggi dari pantat dengan penyangga paha. Praktik ini dapat menurunkan risiko displasia pinggul, dan harus didorong di daerah dengan prevalensi displasia pinggul yang tinggi terutama di mana skrining dan pengobatan tidak memadai.
 

Apakah M Shape lebih aman dari gendong tradisional?


Penelitian menunjukkan adanya hubungan antara menggendong dan kesehatan pinggul. Displasia pinggul perkembangan adalah masalah di mana sendi pinggul bayi tidak terbentuk dengan baik. Itu bisa dimulai sebelum atau sesudah lahir.

Banyak kasus sembuh dengan sendirinya, tetapi jika tidak, kondisi tersebut dapat menyebabkan masalah di kemudian hari. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa hampir sepertiga orang yang menjalani operasi penggantian pinggul sebelum usia 60 tahun memiliki beberapa bentuk displasia pinggul.

Tinjauan studi ilmiah baru-baru ini menemukan bahwa budaya tradisional di mana menggendong bayi dalam bentuk "M" populer memiliki tingkat displasia pinggul yang rendah. Sebaliknya, budaya tradisional lainnya, di mana bayi diposisikan dengan kaki dibedong rapat atau dalam buaian, memiliki tingkat displasia pinggul yang lebih tinggi.

Selain itu, menggendong dengan M Shape menawarkan kedekatan fisik dan emosional untuk bayi dan orang tua mereka, memungkinkan orang dewasa untuk menyelesaikan banyak aspek praktis dengan bebas genggam dan seringkali jauh lebih nyaman untuk bepergian dengan anak.

Oleh karena itu International Hip Dysplasia Institute mendukung babywearing yang tepat dengan pinggul dalam posisi M sebagai metode untuk mendorong perkembangan pinggul yang sehat.
 

Begini cara menggendong bayi dengan M Shape:


1. Bayi harus diposisikan menghadap dada ibu.

2. Untuk bayi kecil, kain harus memanjang menyilang dari belakang lutut ke belakang lutut.

3. Kaki harus berjongkok setidaknya dengan sudut siku-siku (yaitu lutut harus setidaknya setinggi pantat dan tidak menggantung ke bawah).

4. Bagian belakang harus agak membulat.

5. Sandaran kepala sangat berguna bagi bayi kecil untuk menstabilkan kepalanya saat belum bisa memegangnya dengan baik.

6. Pastikan bayi memiliki sirkulasi udara yang cukup

Nandhita Nur Fadjriah
(FIR)

MOST SEARCH