FAMILY

Ini Kata Sains Cara Tercepat Menenangkan Tangisan Bayi

Mia Vale
Selasa 20 September 2022 / 12:05
Jakarta: Kala bayi menangis dan sulit untuk ditenangkan, orang tua tentu bingung dan pusing dibuatnya. Padahal, sudah berbagai cara dicoba untuk menenangkan sang buah hati. Namun, pada akhirnya para ilmuwan telah menemukan teknik paling efektif untuk menenangkan bayi yang menangis.

Sebuah eksperimen yang melibatkan 21 bayi berusia kurang dari 7 bulan menemukan bahwa mereka lebih cenderung berhenti menangis dan tertidur ketika ibu mereka berjalan bersama mereka, dibandingkan dengan ketika mereka digendong oleh ibu mereka di kursi atau dibaringkan di ranjang bayi.

Melansir dari News Scientist, Harriet Hiscock di Royal Children's Hospital di Melbourne, Australia, mengatakan, "Temuan ini masuk akal karena ketika kebanyakan orang menggendong bayi yang menangis, mereka jarang hanya berdiri diam bersamanya, mereka secara naluriah berjalan-jalan."

Kumi Kuroda di RIKEN Center for Brain Science di Jepang dan rekan-rekannya menjadi tertarik pada bagaimana bayi merespons gerakan setelah memelajari "respons transportasi" pada mamalia lain, di mana bayi menjadi pasif dan mengembangkan detak jantung yang lebih lambat ketika ibu mereka menggendongnya.


(Para peneliti menyarankan untuk menggendong bayi mereka selama 5 hingga 8 menit setelah mereka tertidur sebelum meletakkannya di tempat tidur bayi. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)

Untuk menguji efeknya pada manusia, tim memantau 21 bayi yang menangis di Jepang dan Italia sementara ibu mereka mencoba 4 metode untuk menenangkan mereka, yakni: 

- Menggendong bayi mereka sambil berjalan
- Memindahkan mereka bolak-balik di kereta bayi atau dipan goyang
- Menggendong mereka saat duduk
- Meletakkannya di ranjang bayi

Percobaan, masing-masing berlangsung 5 menit, dilakukan di rumah atau di laboratorium tergantung pada preferensi ibu.

Hasilnya, bayi-bayi itu tidak tenang ketika ibu mereka menggendongnya sambil duduk atau meletakkannya di dipan. Tetapi ketika ibu mereka berjalan-jalan dengan mereka, mereka semua berhenti menangis dan hampir setengah dari mereka tertidur dalam waktu 5 menit. 

Mengguncang mereka di kereta bayi atau dipan memiliki efek menenangkan yang serupa, tetapi pada tingkat yang lebih rendah. Ini mungkin terjadi karena goyang menciptakan gerakan berirama yang mirip dengan berjalan, menurut para peneliti.

Monitor jantung yang dipasang pada bayi menunjukkan bahwa, detak jantung mereka melambat saat ibu mereka menggendongnya. Begitu pun saat ayah para bayi menenangkan mereka dengan berjalan-jalan. 

Dan para peneliti menyarankan untuk menggendong bayi mereka selama 5 hingga 8 menit setelah mereka tertidur sebelum meletakkannya di tempat tidur bayi. Karena bayi cenderung bangun jika mereka dipindahkan lebih awal.

Pamela Douglas dari University of Queensland dan Griffith University di Brisbane, Australia, mengatakan mengajak bayi berjalan-jalan hanyalah salah satu alat untuk mendorong mereka tidur. Sementara itu Hiscock mengatakan bahwa teknik berjalan berguna untuk bayi hingga usia enam bulan.
(TIN)

MOST SEARCH