End Google Analytics -->
EXTERIOR

Bola-bola Ajaib Hidrogel Digunakan sebagai Media Tanam, Kok Bisa?

Medcom
Selasa 17 Januari 2023 / 12:10
Jakarta: Waktu kecil pasti banyak dari kalian yang memainkan bola-bola kecil yang bisa direndam di air dan berubah menjadi besar. Bola-bola ini disebut juga dengan hidrogel. Ternyata hidrogel merupakan sebuah media tanam yang digunakan sebagai pengganti penyiraman.

Hidrogel merupakan investasi yang masuk akal. Karena, 5 tahun ke depan kamu akan menyiram 50-70% lebih sedikit. Hidrogel semakin banyak digunakan di bidang hortikultura, pertanian, kehutanan, penghijauan kota, dan tempat olahraga. Hidrogel adalah produk organik dari Jerman.
 

Hidrogel melindungi tanaman


Hidrogel adalah struktur jaringan tiga dimensi yang mampu menyerap air dalam jumlah besar. Hidrogel biasanya tidak larut karena ikatan silang kimia atau fisik atau keterikatan rantai. Mereka ada secara alami dalam bentuk jaringan polimer seperti kolagen atau gelatin, atau dapat dibuat secara sintetis.

Ketika kita berbicara lebih detail dan spesifik tentang hidrogel, kita dapat mengatakan bahwa itu juga sering disebut air padat atau poliakrilat kalium, yang sifat utamanya didasarkan pada retensi air. Itu dapat menyerap antara 200 dan 300 kali ukurannya dan hingga 1000 kali volumenya, yaitu dapat menahan hingga 90% air di dalamnya.

Ketika bumi yang terletak di sekitarnya mulai mengering, hidrogel mulai melepaskan cadangan airnya secara bertahap, sehingga menciptakan kelembapan di lingkungan sesuai dengan kebutuhannya dan setelah itu, ketika kembali bersentuhan dengan air, kembali menghidrasi dan memulai kembali berproses.

Hidrogel yang berkualitas harus memiliki umur simpan hingga 8 tahun, meskipun kamu dapat mengulangi siklus rehidrasi ini kira-kira 50 kali, hanya saja hidrogel menahan lebih sedikit air dan bahkan, tidak hanya menyerap air. Hal ini juga bisa menyerap beberapa nutrisi seperti kalsium dan magnesium.
 

Bagaimana cara menggunakan hidrogel?


Kita harus tahu bahwa hidrogel dapat diaplikasikan dengan mencampurkannya ke dalam substrat atau meletakkannya di permukaan tanah atau pot. Selain itu, dapat ditempatkan 'kering' atau sudah 'terhidrasi'.

Gunakan perbandingan 1 gram hidrogel dalam 80 ml air, yang akan menjadi satu bagian dalam 8 air; sebagai contoh, dengan 10 gram hidrogel untuk tanaman kita membutuhkan 800 ml air.

Pertanyaan lain yang penting untuk diketahui adalah bahwa hidrogel tidak dapat menyerap air dari akar tanaman. Selain itu, akarnya tidak membusuk, karena pelepasan air sesuai dengan kebutuhan tanaman dan bila digunakan dicampur dengan substrat, sangat penting untuk mempertimbangkan ruang yang akan ditempati saat membengkak. Meskipun tidak beracun, sebaiknya simpan di tempat yang kering dan jauh dari jangkauan anak-anak.

Ada dua cara sederhana untuk mengukur berapa banyak hidrogel yang harus digunakan pada tanaman. Kamu juga dapat melakukannya berdasarkan jumlah tanah, substrat, atau berdasarkan jumlah mililiter air yang dibutuhkan, juga jika membutuhkan banyak atau sedikit kelembaban.

Nandhita Nur Fadjriah
(FIR)

MOST SEARCH