EXTERIOR

5 Cara Tanam Rumput Indahnya Bak 'Permadani' yang Sempurna

Mia Vale
Senin 21 Maret 2022 / 11:05
Jakarta: Untuk tampilan eksterior, pemanfaatan lahan kosong bisa dilakukan. Menanam rumput taman bisa menjadi solusi membuat tamanmu terlihat lebih cantik dan sempurna.

Mengetahui cara menanam benih rumput dengan benar adalah kunci untuk menumbuhkan rumput yang subur dan sehat yang akan tahan terhadap cuaca ekstrem. 

Idealnya, halaman rumput yang baik harus berada di jantung halaman belakang rumah. Jadi, mulailah dengan memilih benih rumput cepat tumbuh terbaik untuk memberikan awal yang kuat.

Pengaturan waktu sangat penting, jadi cari tahu kapan menanam benih rumput di zona kamu untuk memastikan halaman memiliki peluang sukses terbaik. 
 

1. Tentukan rumput terbaik


Memilih benih rumput terbaik akan tergantung pada lokasi, seberapa banyak sinar matahari yang diterima halaman rumput, dan apakah benih itu cukup tahan lama untuk menahan pertandingan sepak bola di halaman belakang.

Begitu yang dijelaskan David Hedges Gower, ketua Asosiasi Rumput, seperti dikutip Homes&Gardens. 

Ada berbagai jenis rumput alami yang bisa kamu gunakan sebagai rumput taman, seperti rumput gajah, rumput Jepang, dan rumpur peking.

Untuk tumbuh, rumput Jepang memerlukan cahaya matahari lebih banyak dari pada rumput gajah. Ada juga rumput Swiss yang tidak tahan dengan curah hujan tinggi dan pijakkan orang.


cara menanam rumput
(Penyiraman adalah bagian penting dari pembentukan rumput baru. Tapi jangan berlebihan. Hindari terlalu basah dan terlalu kering. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

2. Siapkan tanah yang akan ditanami rumput


Untuk mempersiapkan tanah sebelum menanam benih rumput, cukup dengan mengolah dan menggemburkan tanah untuk menciptakan kondisi pertumbuhan terbaik.

Tanah yang siap ditanami rumput taman harus dalam kondisi lembap sehingga tetap kaya akan material organik dan zat hara. Cangkul 5 sampai 10 centimeter bagian atas tanah, lalu tanah dicampurkan dengan pupuk kandang atau kompos.
 

3. Cara menanam benih rumput


Sebelum memulai menyebarkan benih rumput, basahkan tanah dengan sedikit air, lalu bagi ke dalam beberapa petak. Kamu bisa menyemai benih membentuk pola selang-seling atau zig-zag. Setelah bibit rumput taman disebarkan, tambahkan gambut di atasnya untuk menjaga kelembapan tanah pada tahap perkecambahan. 

Cara termudah untuk menanam benih rumput adalah dengan tangan. Sebarkan benih dengan hati-hati ke seluruh area di mana kamu ingin melihat pertumbuhan baru terjadi
 

4. Penyiraman rumput


Penyiraman adalah bagian penting dari pembentukan rumput baru. Tapi jangan berlebihan. Terlalu banyak air bisa membuatnya terlalu basah dan terlalu kering tidak akan memungkinkan benih berkecambah. 

Dalam 8-10 hari pertama kamu bisa menyiramnya dua sampai tiga kali sehari, selama 5-10 menit. Jaga kondisi tanah tetap lembap. Setelah rumput terbentuk, beri air bila diperlukan.
 

5. Cara memelihara rumput


Perawatan rumput membutuhkan perilaku yang berbeda-beda, sesuai dengan karakteristik rumput. Misal, rumput jepang yang harus dipangkas sekurang-kurangnya sebulan sekali. Selain itu, bila tumbuh gulma, kamu harus mencabutinya. 

Rumput peking merupakan salah satu jenis rumput taman yang paling banyak ditumbuhi gulma, teksturnya yang halus juga menyebabkan rumput ini memerlukan perawatan intensif.

(TIN)

MOST SEARCH