End Google Analytics -->
COMMUNITY

Kementerian PUPR Ingatkan Lapor Jika Ada Fasilitas bagi Disabilitas yang Tak Berfungsi

Medcom
Kamis 08 Desember 2022 / 19:00
Jakarta: Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusuma Astuti mengingatkan kepada masyarakat untuk melaporkan fasilitas untuk disabilitas yang tidak layak. Pada acara Festival Setara & Berdaya, Diana hadir untuk memberikan paparan bahwa fasilitas di beberapa tempat sudah mulai ramah untuk para disabilitas. Mulai dari jalan, gedung-gedung perkantoran dan publik, hingga toilet.

Hal ini mulai telah dirasakan oleh para penyandang disabilitas saat Indonesia menjadi tuan rumah untuk Asean Para Games tahun 2018. Namun, tidak sedikit kritikan juga masuk mengenai fasilitas-fasilitas di tempat umum yang masih kurang layak.

“Kami di dalam PUPR sudah memberi contoh, namun dalam pelaksanaannya, kita akan mendorong kepada seluruh kementerian atau daerah untuk membangun fasilitas ramah untuk penyandang disabilitas,” kata Diana, Kamis, 8 Desember 2022.


(Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusuma Astuti mengingatkan kepada masyarakat untuk melaporkan fasilitas untuk disabilitas yang tidak layak. Foto: Dok. Medcom.id/Aulia Putriningtias)

Salah satu peserta acara yang merupakan orang tua dari penyandang disabilitas pun menyampaikan keluhannya. Tidak sedikit ternyata fasilitas khusus disabilitas justru dinonaktifkan. Seperti fasilitas toilet, tidak jarang dikunci oleh petugas.

Mendengar hal tersebut, Diana Kusuma pun menegaskan bahwa seluruh masyarakat bisa melaporkan kejadian tidak mengenakan tersebut. Karena hal tersebut sangat tidak dibenarkan dan bisa ditindak lebih lanjut jika ada yang melapor.

Diana menyarankan jika terdapat seperti itu, bisa melaporkan kepada petugas setempat di lokasi tersebut. Namun, jika sudah kelewatan, di mana protes tidak digubris, maka masyarakat bisa melaporkan kepada PUPR melalui Dinas Kabupaten atau kota masing-masing daerah.

“Kalau sudah kelewatan , bisa laporkan kepada Dinas Kabupaten dan Kotanya masing-masing. Namun, kalau mau menyampaikan melalui web PUPR juga silahkan. Nanti kami akan menyalurkan kepada masing-masing daerah,” pungkasnya.



Aulia Putriningtias 
(TIN)

MOST SEARCH