COMMUNITY

'Waste Down Beauty Up' Langkah Berani Sociolla Atasi Limbah Industri Kecantikan

Yuni Yuli Yanti
Jumat 14 Januari 2022 / 11:00
Jakarta: Menurut data Kampanye Waste4Change, sebanyak 6,8 juta ton sampah kemasan plastik berasal dari industri kecantikan. Jumlah ini diprediksi akan terus bertambah tiap tahunnya. Sementara yang terolah tidak sampai 30 persennya. Lainnya dibakar, di kubur atau di buang ke laut dan itu sangat berpotensi untuk merusak lingkungan. 

Berdasarkan fakta tersebut, pelaku industri kecantikan terkemuka, Sociolla menghadirkan inisiatif revolusioner bertajuk Waste Down Beauty Up yang bertujuan untuk membantu mengurangi limbah industri kecantikan. Khususnya, melalui upaya mendorong budaya kecantikan yang sustainable di kalangan pencinta kecantikan atau beauty enthusiasts di Indonesia. 

Waste Down Beauty Up merupakan langkah pertama dari komitmen jangka panjang sociolla untuk mendorong masa depan yang berkelanjutan bagi industri kecantikan di Indonesia.


(Sederet narasumber yang hadir pada acara  peluncuran kampanye Waste Down Beauty Up Social Bella, mulai dari Clara Devi, Vania Herlambang, Silviana Chandra, dan  Chrisanti Indiana. Foto: Dok. Sociolla)


Co-Founder & CMO Social Bella, Chrisanti Indiana mengungkapkan Waste Down Beauty Up sejalan dengan misi jangka panjang Sociolla dan alasan utama dibalik didirikannya Sociolla, yaitu untuk membantu masyarakat menemukan produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan mereka, tanpa harus membeli secara berlebihan dan berakhir dengan banyak produk tak terpakai. 

"Dengan gerakan ini, kami ingin membantu para pelanggan setia kami untuk tidak hanya merawat diri dengan sebaik-baiknya, namun juga sembari berkontribusi pada dunia. Cantik itu tidak harus wasteful. Kami sangat senang melihat semakin banyak pecinta kecantikan yang peduli dengan prinsip sustainable dan bersama-sama kita dapat membawa lebih banyak orang ke dalam gerakan positif ini," jelas Santi dalam jumpa pers virtual, Kamis, 13 Januari 2022. 

Lebih lanjut, Santi menyebutkan Gerakan Waste Down Beauty Up mencakup empat inisiatif utama, yaitu:
 

Membaca review terlebih dahulu

Menciptakan mindful shopping atau kesadaran dalam berbelanja produk kecantikan dengan mencari informasi review dan rating dari pelanggan lain melalui aplikasi SOCO sebelum melakukan pembelian. Dengan cara ini, pelanggan didorong untuk memilih secara bijak sebelum mengambil keputusan pembelian.

 

Mencoba tester di toko Sociolla sebelum membeli

Banyak pelanggan langsung terdorong melakukan pembelian impulsif yang berlandaskan pada FOMO ketika melihat influencer favorit tampil mempesona dengan tren make up terbaru. Dengan mencoba tester sebelum membeli produk, pelanggan dapat membuat keputusan lebih bijak berdasarkan bagaimana produk tersebut terlihat atau terasa di wajah atau kulit mereka sendiri.


(Sociolla juga menerapkan zero bubble wrap dan mengubah packaging pengiriman dengan kotak ramah lingkungan. Foto: Dok. Sociolla)

 

Beli versi mini sebelum ukuran penuh

Sebuah upaya mendorong beauty enthusiast untuk mencoba produk kecantikan berukuran kecil untuk menguji kesesuaian produk dengan kulit terlebih dahulu, sebelum membeli produk normal atau berukuran penuh.

 

Hadiah yang Less Waste

Sociolla kini menghadirkan pilihan hadiah elektronik (e-gift) untuk para beauty enthusiast yang mengajak mereka agar tidak memberikan barang-barang yang tidak mereka gunakan kepada orang yang mereka cintai.


Selain dari gerakan Waste Down Beauty Up, Sociolla juga menerapkan zero bubble wrap dan mengubah packaging pengiriman dengan kotak ramah lingkungan. Diperkirakan, peralihan dari bubble wrap ke kertas daur ulang akan mengurangi penggunaan plastik perusahaan sekitar 250.000 m2/tahun. Hingga saat ini, Sociolla adalah perusahaan e-commerce besar pertama di Indonesia yang berkomitmen pada kebijakan zero bubble wrap.Silviana Chandra

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(yyy)

MOST SEARCH