COMMUNITY

Nessie Judge Bagikan Tips Bikin Konten Seru dan Efektif untuk Kreator Pemula

Medcom
Senin 10 Februari 2025 / 17:49
Jakarta: Mengawali kanal YouTube-nya pada tahun 2013, Nessie Judge konsisten menyalurkan passion-nya melalui konten-konten kreatif. Berkat konsistensinya, ia telah sukses mengumpulkan 10 juta subscribers pada 2023 dan meraih Diamond Play Button dari YouTube.

Saat masih berkuliah di jurusan bisnis, Nessie bereksperimen mengunggah video dengan berbagai format konten, mulai dari vlog hingga video esai. Kecintaannya pada storytelling dan editing menjadi motivasi utamanya. Lonjakan popularitasnya pun terjadi pada 2017, saat ia menghadirkan segmen horor dan misteri #NERROR, yang kini menjadi salah satu ikon kontennya. 

Terus beradaptasi dengan kemajuan teknologi, Nessie kerap memanfaatkan berbagai peluang yang hadir, salah satunya melalui YouTube Shopping Affiliates, program YouTube yang berkolaborasi dengan Shopee. YouTuber ternama yang telah berkarier lebih dari satu dekade ini berhasil membuktikan bahwa kreativitas bisa menghasilkan cuan.

"Banyak brand yang akhirnya tertarik untuk bekerja sama karena melihat seberapa efektif YouTube Shopping Affiliates dalam meningkatkan engagement, penjualan dan awareness. Diluar dari adanya kesempatan untuk meningkatkan pendapatan, aku percaya bahwa program ini juga merupakan upaya untuk semakin mempererat hubungan dengan audiens. Aku bisa lebih interaktif dan memberikan kemudahan dalam berbagi rekomendasi produk yang benar-benar aku gunakan dan sukai," ungkapnya.
 

Konten seru dan efektif

Nessie membagikan beberapa strategi yang bisa diterapkan untuk para kreator pemula yang ingin membuat video menarik sekaligus mengoptimalkan pendapatan lewat YouTube Shopping Affiliates, antara lain:

1. Pahami kebutuhan audiens

Sebelum membuat video, pastikan kamu memahami siapa target audiens dan apa yang mereka butuhkan. Coba lakukan riset sederhana, seperti melihat komentar di video sebelumnya atau mengikuti tren yang sedang berkembang di sekitarmu. Konten yang sesuai dengan kebutuhan audiens cenderung lebih menarik dan meningkatkan peluang interaksi. 
 

2. Selalu bereksperimen

Coba berbagai format dan gaya penyampaian agar kontenmu tetap segar dan menarik.  Eksplorasi berbagai gaya penyampaian juga penting. Misalnya, kamu bisa mencoba format vlog pendek, Q&A, atau bahkan mini dokumenter yang lebih interaktif. Dengan bereksperimen, kamu bisa menemukan cara terbaik untuk menggabungkan storytelling dengan promosi.
 

3. Manfaatkan fitur Timestamp Tagging

Karena kebanyakan video bertema storytelling, sangat penting untuk menjaga agar produk yang direkomendasikan tidak mengganggu mood dan alur penyampaian cerita. Salah satu cara efektif untuk merekomendasikan produk adalah dengan memanfaatkan Timestamp Tagging. 

Dengan fitur ini, kamu bisa menandai momen tertentu dalam video yang relevan dengan produk yang sedang dibahas. Hal ini dapat membantu audiens menyadari bahwa produk yang kamu rekomendasikan sudah tersedia di shopping cart, sehingga mereka bisa langsung klik link dan melakukan pembelian tanpa harus mencari-cari sendiri. Untuk kamu yang ingin mencoba, informasi lebih lanjut: https://shopee.co.id/m/youtube-shopping.

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

(yyy)

MOST SEARCH