COMMUNITY

Cara TikTok Rayakan Kemerdekaan: Gaungkan Semangat #Serunya17an

Aulia Putriningtias
Rabu 13 Agustus 2025 / 16:33
Jakarta: Memeringati HUT ke-80 RI, TikTok sebagai media sosial memiliki cara unik dalam merayakan momen berharga ini. Melalui kampanye #Serunya17an, kanal ini mendukung semangat dan kreativitas kreator hingga pelaku usaha lokal.

Sebanyak 160 juta lebih pengguna aktif di Indonesia menggunakan TikTok dan perlahan membangun ekosistem kreaitf. Pemerintah Indonesia sendiri menargetkan hadirnya 9 juta talenta digital pada tahun 2030. Potensi nilai ekonomi digital di Indonesia mencapai USD 360 miliar pada tahun 2030.

Baca juga: 5 Fakta Unik Museum Joang 45, Salah Satunya Hotel Termegah Dulunya!

Melalui hadirnya data tersebut, Anggini Setiawan selaku Communications Director TikTok Indonesia mengatakan bahwa merayakan kreativitas komunitas TikTok terus memanfaatkan kanal ini. 

Hal ini guna untuk menghadirkan hiburan yang edukatif, membangun komunitas kolaboratif, hingga menciptakan peluang ekonomi yang berdampak positif bagi lingkungan.

"Kami percaya, semangat kemerdekaan, kreativitas dan aksi nyata komunitas TikTok memiliki ruang dan membuka peluang ekonomi di dalam ekosistem kreatif TikTok," kata Anggini dalam temu media bersama TikTok Indonesia, Rabu, 13 Agustus 2025.


(Anggini Setiawan selaku Communications Director TikTok Indonesia. Foto: Dok. Medcom.id/Aulia Putriningtias)

Laman khusus #Serunya17an ini menghadirkan konten olahraga, tantangan tagar berhadiah, hingga serial pendek (mini series) bertema kemerdekaan. 

Selain itu, TikTok juga akan menghadirkan liputan "Kuliner Nusantara" yang menjelajahi kekayaan cita rasa nusantara di berbagai daerah di Indonesia mulai 13 Agustus 2025.

Dalam memeringati HUT ke-80 RI, TikTok mengajak komunitas dan masyarakat Indonesia merayakan dan menyajikan konten yang unik, edukatif, hingga melakukan aksi nyata yang berdampak positif bagi Indonesia.
 

Dorong konten STEM untuk mendukung talenta digital


Guna mendukung target pemerintah, TikTok meluncurkan feed STEM, tab khusus dalam aplikasi berisikan konten Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Matematika pada Maret 2025 lalu. 

Sejak peluncurannya, konten STEM di Indonesia terus diminati oleh pengguna, di mana 52 persen dari komunitas TikTok kembali mengunjungi feed STEM setiap minggunya.

Baca juga: 5 Kuliner Indonesia yang Ternyata Kesukaan Soekarno, Kamu Tertarik?
 

Luncurkan TikTok One untuk brand dan kreator lokal


Komunitas TikTok memiliki dampak yang nyata terhadap pelaku usaha dan kreator lokal. Melalui TikTok One, kreator, komunitas, dan brand dari berbagai skala dapat berkolaborasi dan memaksimalkan potensi kreativitas untuk turut memajukan ekonomi digital.

Mulai dari perencanaan, produksi, hingga kolaborasi konten antar brand dan kreator, solusi ini dapat membantu kolaborasi antar pihak menjadi lebih cerdas, cepat, dan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi kreatif dan digital di Indonesia.


Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(TIN)

MOST SEARCH